Menko Darmin Pastikan Anggaran Semua K/L Dipangkas

Total dana yang dipangkas mencapai Rp 65 T

BERITA , NASIONAL

Jumat, 12 Agus 2016 17:30 WIB

Author

Dian Kurniati

Menko Darmin Pastikan Anggaran Semua K/L Dipangkas

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution (Foto: Antara)



KBR, Jakarta-
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution memastikan anggaran belanja semua kementerian dan lembaga bakal dipangkas. Darmin mengatakan, pemangkasan itu untuk membuat anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) 2016 lebih realistis. Meski begitu, kata Darmin, pemerintah memiliki beberapa kriteria untuk memangkas anggaran itu. Darmin memperkirakan, penghitungan pemangkasan anggaran itu rampung dua hari lagi.

"Oh, kalau semuanya, iya. Tapi ya ada standarnya lah, ada kriterianya. Jadi, tentu prinsip-prinsipnya, misalnya kalau kontrak sudah jalan ya tidak akan diubah, kalau program prioritas akan dilelang tetap akan jalan. Tapi kalau program bukan prioritas itu bisa dipotong, tapi tidak otomatis," kata Darmin di kantornya, Jumat (12/08/16).

Darmin mengatakan, ada beberapa jenis anggaran yang tidak akan dipangkas. Darmin mencontohkannya dengan anggaran untuk proyek prioritas infrastruktur dan bantuan sosial. Menurut Darmin, kedua jenis anggaran itu tidak akan dipotong karena termasuk program prioritas pemerintah. Selain itu, kata Darmin, pemangkasan juga hanya terjadi pada pendanaan dari rupiah murni, bukan valas. 

Sementara itu, anggaran yang bakal dipangkas misalnya perjalanan dinas, paket rapat, langganan jasa, honorarium tim dan kegiatan yang bukan gaji rutin, dan anggaran dari kegiatan yang belum dikontrakkan. Meski begitu, kata Darmin, pemangkasan tidak akan secara otomatis menghilangkan anggaran itu. Menurutnya, pemangkasan itu terutama untuk kegiatan yang tidak mendesak, maupun kegiatan yang masih bisa digeser ke tahun berikutnya.

Dia pun menjamin pemerintah akan memperhatikan bagaimana realisasi anggaran masing-masing kementerian dan lembaga sebelum dipangkas. Apabila realisasinya masih sedikit, pemerintah akan memperhatikan kemungkinan anggaran di APBN bisa terealisasi sepenuhnya hingga akhir tahun, begitu pula sebaliknya. Meski tak menyebutkan detail nilainya, Darmin memastikan secara keseluruhan, pemotongan anggaran untuk kementerian/lembaga sebesar Rp 65 triliun.

Saat ini, pemerintah tengah merampungkan kebijakan pemotongan anggaran pendapatan dan belanja berubahan (APBN) 2016. Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, total belanja yang dipotong sebesar Rp 133,8 triliun, meliputi belanja kementerian dan lembaga adalah Rp 65 triliun dan transfer ke daerah sebesar Rp 68,8 triliun.

Editor: Dimas Rizky

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 17

Pemerintah Dinilai Lamban Antisipasi Gagal Panen di Musim Kemarau

Menyiasati Mahalnya Biaya Pendidikan

Kabar Baru Jam 15

Kabar Baru Jam 14