5 Program Destri Damayanti Sebagai Deputi Gubernur Senior BI

Banyak pengalaman menduduki jabatan esklusif dan telah malang melintang di industri keuangan.

, BERITA , NASIONAL

Kamis, 25 Jul 2019 20:48 WIB

Author

Resky Novianto

5 Program Destri Damayanti Sebagai Deputi Gubernur Senior BI

Usai mendapat persetujuan Rapat Paripurna DPR RI, DGS Bank Indonesia terpilih Destri Damayanti diminta maju ke panggung rapat, pada 25/7/2019. (Foto: KBR/Resky Novianto)

KBR, Jakarta- Rapat Paripurna DPR RI ke-23 Masa Persidangan V Tahun 2018-2019 menetapkan Destry Damayanti sebagai Deputi Senior Gubernur Bank Indonesia (DGS BI), menggantikan pejabat sebelumnya Mirza Adityaswara. Dalam rapat paripurna Kamis (26/07), salah satu agenda yang disampaikan dan diputuskan yaitu laporan Komisi Keuangan DPR tentang pemilihan Destry Damayanti sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia. 

Wakil Ketua DPR Utut Adianto sebagai pemimpin rapat, sempat mempersilakan Wakil Ketua Komisi Keuangan DPR Hafizs Tohir menyampaikan laporannya. Sesudah itu, Utut menanyakan  kepada seluruh anggota dewan yang hadir untuk menyetujui atau tidak terpilihnya Destri Damayanti.

"Saya tanyakan, ke pimpinan sidang dan anggota sidang apakah laporan komisi XI DPR RI tentang keputusan calon DGS Bank Indonesia tersebut dapat disetujui? Setuju," ucap Utut Adianto di ruang rapat paripurna, DPR, Jakarta, Kamis (25/7/2019).

Sesaat sesudah persetujuan itu, Wakil ketua DPR Utut Adianto meminta Destry Damayanti yang hadir di ruang sidang, untuk maju ke depan panggung rapat paripurna dan bersalaman dengan para pimpinan sidang.  Utut berpesan dan berharap Destri dapat menjalankan tugas barunya sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia dengan baik dan maksimal.

Profil Destri Damayanti

Destry meraih gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia, dan Master of Science dari Cornell University, New York, Amerika Serikat. Karirnya melesat dan dimulai di sejumlah pos eksklusif. Ia pernah menjabat sebagai Senior Economic Adviser untuk Duta Besar Inggris untuk Indonesia (2002-2003).

Destry juga telah merasakan suka duka berkarir di industri keuangan domestik. Beberapa jabatan penting pernah ia sandang, sebelum akhirnya menjadi anggota Lemabag Penjamin Simpanan (LPS). Ia juga pernah menjabat Kepala Ekonom Bank Mandiri, Kepala Ekonom Mandiri Sekuritas, Direktur Eksekutif di Mandiri Institute, bahkan pernah pula menjadi Panitia Seleksi Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Destry pernah menduduki jabatan Ketua Satuan Tugas Ekonomi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (2014-2015). Selain, pernah pula menjadi Anggota Dewan Komisioner LPS pada 24 September 2015, berdasarkan Keputusan Presiden 158/M 2015 tanggal 21 September 2015.

Lima Program Destri Damayanti

Sebelumnya, pada saat menjalani uji kepatutan dan kelayakan di Komisi XI DPR, pada Senin (01/7/2019) lalu, Destri Damayanti   memaparkan lima area strategis yang menjadi program prioritasnya apabila terpilih sebagai DGS BI. 

Kelima area strategis itu untuk mendukung tugas bank sentral dalam menjaga stabilitas sistem keuangan. “Menjaga stabilitas sistem keuangan dan juga mendukung pertumbuhan ekonomi serta mengembangkan sistem pembayaran yang aman, efisien, dan dapat dijangkau masyarakat luas,” kata Destry ketika itu.

Adapun kelima area strategis itu adalah optimalisasi bauran kebijakan yang bersifat akomodatif, pendalaman pasar keuangan, pengembangan sistem pembayaran, pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, serta sinergi dengan berbagai pemangku kepentingan. 

Editor: Fadli Gaper 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Melawan Sampah Plastik di Samarinda

Melawan Sampah Plastik di Samarinda

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18