Gaji ke-13 PNS Cair 1 Juli 2019

Berbarengan dengan gaji bulanan PNS.

BERITA , NASIONAL

Kamis, 13 Jun 2019 15:51 WIB

Author

Dian Kurniati

Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Antara)

Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Antara)

KBR, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani memastikan gaji ke-13 untuk PNS, TNI, dan Polri, akan cair pada 1 Juli 2019. 

Sri Mulyani mengatakan, pencairan gaji ke-13 tersebut berbarengan dengan gaji bulanan PNS. Sri Mulyani mengaku masih menunggu pengajuan gaji ke-13 dari tiap satuan kerja (satker), yang mulai berdatangan hari ini.

"Sekarang prosesnya seluruh satker sedang mengajukan prosesnya ke kita. Pencairan selalu 1 Juni. Memang dibedakan, supaya ini untuk THR, dan ini yang satu untuk masa sekolah baru, 1 Juli. Tapi prosesnya, tadi pagi saya sudah lihat, sudah cukup banyak satker yang mulai mengajukan. Jadi nanti pembayarannya saat bersamaan dengan gaji 1 Juli," kata Sri Mulyani di kompleks Istana Kepresidenan, Kamis  (13/06/2019).

Sri Mulyani mengatakan, aturan pencairan gaji ke-13 tersebut adalah Peraturan Pemerintah nomor 39 tahun 2019, sama denganpencairan THR Lebaran, bulan lalu. Kemenkeu telah menyiapkan bujet Rp20 triliun untuk membayar gaji ke-13 PNS.

Formulasi gaji ke-13 untuk PNS, anggota TNI, dan Polri adalah senilai gaji pokok pegawai, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan, dan tunjangan kinerja. Adapun nominal gaji ke-13 PNS terdiri dari pensiunan pokok ditambah tunjangan keluarga atau tunjangan penghasilan.

Editor: Citra Dyah Prastuti  

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Eps.6: Kuliah di Perancis, Cerita dari Dhafi Iskandar

Insiatif Masyarakat untuk Wujudkan Hunian yang Layak

Inisiatif Masyarkat untuk Wujudkan Hunian yang Layak

Inisiatif Masyarakat untuk Wujudkan Hunian yang Layak

Inisiatif Masyarakat untuk Wujudkan Hunian yang Layak