BERITA

TOP 1 Donasi Sembako sampai Pelumas untuk Penanganan Covid-19

""Perusahaan logistik merupakan tumpuan utama untuk mendistribusikan barang donasi maupun belanjaan masyarakat, sehingga kita harus memastikan kendaraan–kendaraan ini dapat berjalan dengan baik.”"

Adi Ahdiat

TOP 1 Donasi Sembako sampai Pelumas untuk Penanganan Covid-19
Relawan mengangkut paket donasi Top 1 Indonesia untuk penanganan Covid-19, Rabu (20/5/2020). (Foto: Aria Wicaksana)

KBR, Jakarta - TOP 1 Indonesia, salah satu perusahaan lubricant terkemuka Indonesia, memberikan berbagai bentuk donasi seperti alat medis dan bahan pokok untuk masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

“Internal perusahaan kami semua tergerak untuk membantu sesama di lingkungan sekitar. Semua divisi mengorganisir bantuan ke pihak–pihak yang membutuhkan dan semoga bantuan yang kita berikan dapat meringankan beban masyarakat yang terkena dampak di masa pandemi ini,” kata Head of IS & Business Development PT Topindo Atlas Asia, Donny Wu, Rabu (20/5/2020).

TOP 1 Indonesia juga memberi donasi dalam bentuk masker dan pelumas guna mendukung perawatan kendaraan di perusahaan–perusahaan logistik yang menjadi penyalur bantuan penanganan Covid-19.

“Seperti yang kita ketahui bahwa di saat pandemi dan PSBB seperti ini perusahaan logistik merupakan tumpuan utama untuk mendistribusikan barang donasi maupun belanjaan masyarakat, sehingga kita harus memastikan kendaraan–kendaraan ini dapat berjalan dengan baik,” pungkas Donny Wu.

Untuk Fase 1, Donasi masker dan pelumas ini diberikan kepada PT Pos Indonesia, FoodBank of Indonesia (FoI) dan Shipper Porter. Nominal donasi untuk PT Pos Indonesia dan FoI senilai Rp50 juta dalam bentuk masker, 176 botol oli motor berukuran 1 liter, dan 87 botol oli mobil berukuran 4 liter. 

Pemberian donasi untuk perusahaan logistik ini akan berlanjut lagi pada Fase 2 yang dijadwalkan awal Juni 2020 mendatang. Dalam rencana tersebut, terdapat beberapa sasaran penerima bantuan di antaranya perusahaan angkutan umum di wilayah Jakarta dan Bogor.

Seremonial penyerahan donasi ini dilakukan pada Rabu (20/5/2020) di Kantor PT Pos Indonesia, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Dalam acara tersebut PT Pos diwakili oleh Indra Ridwan selaku Manajer Bagian Umum PT Pos Indonesia dan Bosmen Sinaga selaku Kepala Kantor Pos Jakarta Utara

“Kami terus berusaha memberikan yang terbaik di tengah ketidakpastian akibat Covid-19. Jika semua pihak mau turun tangan, pasti kita bisa melalui pandemi ini dengan segera” ujar Manajer Bagian Umum PT Pos Indonesia, Indra Ridwan, Rabu (20/5/2020).

Donasi untuk PT Pos juga merupakan wujud dukungan keterlibatan PT Pos dalam distribusi bantuan langsung tunai (BLT) yang diselenggarakan oleh Istana Presiden. Sedangkan Foodbank of Indonesia adalah relawan yang mendistribusikan bantuan #BagiAsa

“Kita tidak tahu kapan pandemi ini akan berakhir. Mungkin membutuhkan waktu yang lama. Oleh karena itu, #BagiAsa terus berkomitmen untuk berperan aktif dalam mengumpulkan maupun menyalurkan bantuan baik berupa sembako, perlengkapan medis, maupun bantuan penunjang lainnya untuk meringankan beban masyarakat yang saat ini terdampak” ungkap Direktur Operasional Katadata, Ade Wahyudi.


Tentang #BagiAsa

#BagiAsa adalah program penggalangan dana untuk membantu keluarga kurang mampu dan tenaga medis yang terdampak pandemi Covid-19. Dana yang dikumpulkan akan digunakan untuk membeli sembako dan alat pelindung diri (APD). Gerakan ini muncul dari keprihatinan atas kesulitan yang dihadapi warga miskin akibat penyebaran Covid-19.

#BagiAsa merupakan kolaborasi empat media yaitu Katadata, Bisnis Indonesia, SWA dan KBR bersama kantor pengacara Hendra Soenardi. Dalam pelaksanaannya, #BagiAsa juga bekerja sama dengan Foodbank of Indonesia (FoI) dan Accelerice.

Individu atau korporat yang ingin menyalurkan bantuan dapat mengirimkannya melalui rekening Yayasan Lumbung Pangan Indonesia di BNI: 2005202055.

Setiap donasi yang diterima dan disalurkan untuk gerakan #BagiAsa akan diaudit oleh auditor independen. Selain itu, penyaluran bantuan secara rutin akan dilaporkan di kanal Katadata, Bisnis Indonesia, SWA dan KBR, serta dikampanyekan dan dipublikasikan melalui platform media sosial masing-masing.

Editor: Agus Luqman

  • donasi covid-19
  • #BagiAsa

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!