Menteri PPN: Jakarta Paling Siap Pelonggaran PSBB

"DKI Jakarta punya tempat tidur yang cukup untuk pasien Covid-19. Tersedia banyak tenaga media dan pengobatan, juga sudah melakukan banyak tes,"

BERITA | NASIONAL

Jumat, 22 Mei 2020 11:33 WIB

Author

Sadida Hafsyah

Menteri PPN: Jakarta Paling Siap Pelonggaran PSBB

Warga memadati pusat perbelanjaan di Jakarta, Kamis (21/5/2020). (Antara/Muhammad Adimaja)

KBR, Jakarta- Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Suharso Monoarfa menilai provinsi DKI Jakarta paling siap menerapkan pelonggaran atau penyesuaian kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Ia mengatakan penilaian ini menggunakan tiga indikator yakni tingkat pertumbuhan virus, kesiapan sistem publik, dan kapasitas tes yang kredibel.

"Kredibelitas interval ini akan sangat tergantung dengan banyaknya tes dan kecepatan pelaporan data. Kita lihat kenapa Jakarta saya sebut kredibilitas intervalnya itu, amplitudonya tidak terlalu lebar, itu karena tesnya luar biasa banyak dan memenuhi syarat," ucap Suharso, Kamis (21/05/20).

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Suharso Monoarfa menjelaskan tingkat penyebaran virus dapat diukur menggunakan angka reproduksi efektif (Rt) virus, seperti yang dipersyaratkan oleh WHO. Jika Rt berada di bawah 1,0, maka terjadi penurunan kasus.

Berdasarkan data yang dihimpun Bappenas per  18 Mei 2020, provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat menunjukan angka Rt sedikit di bawah 1,0. Tetapi angka ini perlu dipertahankan selama 14 hari, sejak pengukuran dilakukan, hingga akhirnya memenuhi syarat pelonggaran PSBB.

Provinsi Jakarta lebih siap dibandingkan Jawa Barat, karena angka Rt Jawa Barat belum mempresentasikan seluruh wilayahnya. Selain itu, sistem kesehatan Jakarta juga tersediang paling lengkap, dibandingkan wilayah lain di Indonesia.

"Sistem kesehatan dikatakan bagus sekali. DKI Jakarta punya tempat tidur yang cukup untuk pasien Covid-19. Tersedia banyak tenaga media dan pengobatan, juga sudah melakukan banyak tes," imbuhnya.

Menurut Suharso, selanjutnya Jakarta akan menjadi acuan bagi wilayah lain yang berkeinginan menerapkan pelonggaran.  

Editor: Rony Sitanggang 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Hilary Duff Positif Covid-19 Saat Hamil

Eps11. Musuh Gambut: Api

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Pro Kontra Pembukaan Kembali Sekolah