Kena PHK Jelang Lebaran, Pekerja Masih Berhak Dapat THR

"Baik pekerja tetap maupun tidak tetap, bahkan yang sudah di-PHK pun itu berhak dapat THR. Sepanjang PHK-nya H-30 dari hari raya."

BERITA | NASIONAL

Selasa, 05 Mei 2020 16:54 WIB

Author

Wahyu Setiawan

Kena PHK Jelang Lebaran, Pekerja Masih Berhak Dapat THR

Iustrasi: THR. (Public Domain)

KBR, Jakarta- Pekerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) menjelang lebaran tetap berhak mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaannya.

Direktur LBH Jakarta Arif Maulana mengatakan, pekerja yang termasuk golongan itu bisa mendesak perusahaan  untuk membayar THR.

Aturannya termuat dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan.

"Kepada siapa saja tadi sudah saya katakan, baik pekerja tetap maupun tidak tetap, bahkan yang sudah di-PHK pun itu berhak dapat THR. Sepanjang PHK-nya H-30 dari hari raya. Termasuk pekerja yang dimutasi atau merger ke perusahaan lain sepanjang dia masa kerjanya berlanjut," kata Arif saat dihubungi KBR, Selasa (5/5/2020) siang.

Arif menegaskan perusahaan tetap memiliki kewajiban membayar THR kepada pekerja meski di tengah masa pandemi Covid-19.

Besaran THR mengikuti aturan yang ada, yakni minimal satu bulan upah bagi pekerja dengan masa kerja 12 bulan. Sedangkan bagi pekerja di bawah masa kerja 12 bulan, diberi secara proporsional sesuai masa kerja.

Ia mengimbau kalangan buruh untuk melapor atau mengadukan kepada LBH Jakarta jika terdapat masalah dalam pembayaran THR melalui:

  • E-mail ke alamat: konsultasi@bantuanhukum.or.id, atau;
  • Telepon hotline yang tertera di situs bantuanhukum.or.id. 

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

AstraZeneca Bakal Gelar Uji Klinis Global Tambahan

Eps12. Masa Depan Restorasi Gambut

Kabar Baru Jam 7

Menyoal Mekanisme Baru Pencairan Dana Bantuan Operasional Sekolah

Bupati Banyumas Larang Hajatan Meski Diprotes