Mudik 2019, Dinkes Jabar Siapkan Ribuan Pos Layanan Kesehatan

"Kita juga sudah mengirimkan surat edaran ke kepala dinas di 27 kota kabupaten, meminta untuk persiapan tim kesehatan kemudian posko kesehatan,"

NASIONAL

Selasa, 28 Mei 2019 11:44 WIB

Author

Arie Nugraha

Mudik 2019, Dinkes Jabar Siapkan Ribuan Pos Layanan Kesehatan

Menteri Kesehatan Nila F Moelok (tengah) meninjau posko kesehatan mudik 1440 H di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (26/5/2019). (Foto: Antara)

KBR, Bandung- Dinas Kesehatan Jawa Barat mendirikan 1.870 pos pelayanan kesehatan selama masa perjalanan mudik dan balik Lebaran 2019.  Pos pelayanan kesehatan itu terdiri dari 771 puskesmas, 315 posko kesehatan di jalur mudik, 654 pos kesehatan masyarakat serta 130 RSUD rujukan.

Menurut staf bidang pelayanan kesehatan Dinas Kesehatan Jawa Barat,  Rita Kartika jumlah pos pelayanan kesehatan tersebut didukung oleh 1.123 dokter, 4.769 perawat, 2.554 sopir dan tenaga kesehatan lainnya, 705 ambulance, serta 17 Motor PSC (Public Safety Center). Keberadaan posko dan petugas kesehatan pada masa mudik dan balik Lebaran 2019 kata Rita, dianggap belum ideal karena diperkirakan jumlah pemudik yang melintas ke Jawa Barat diperkirakan mengalami peningkatan.

"Data dari Dinas Perhubungan dari 2018 itu sekitar 2.585.982 kendaraan yang melewati jalur mudik di Jawa Barat. Sekitar 10 persen akan naik di 2019 ini. Kita juga sudah mengirimkan surat edaran ke kepala dinas di 27 kota kabupaten, meminta untuk persiapan tim kesehatan kemudian posko kesehatan, juga peningkatan kesiapan dari PSC (public service center) 119," kata Rita di Bandung, Selasa, 28 Mei 2019.

Rita mengatakan sebanyak tujuh daerah yang memiliki layanan PSC antara lain Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kota Depok, Kota Bandung, Kabupaten Garut, Kabupaten Sumedang, dan Kabupaten Karawang akan dioptimalkan untuk berjaga memantau kondisi kesehatan seluruh yang terlibat pada masa perjalanan mudik dan balik Lebaran 2019. Apabila kondisi yang diperkirakan terjadi yaitu peningkatan jumlah pemudik, Rita menyebutkan Dinas Kesehatan Jawa Barat akan menambah posko dan lokasi pelayanan kesehatan.

Selain mendirikan pos dan tempat pelayanan kesehatan di jalur mudik dan balik Lebaran 2019, Rita mengatakan Dinas Kesehatan juga membentuk tim pelayanan kesehatan untuk kemungkinan bencana, miras oplosan seperti di Cicalengka tahun lalu. Alasannya kata Rita, sehari menyambut Lebaran sering kali euforia masyarakat terlalu berlebihan.

"Meski tidak ada dan mudah-mudahan tidak terjadi posko bencana telah dibentuk. Karena kejadiannya tiba-tiba dan kami juga terus memantau terus kesiapan obat-obatan," ujar Rita.

Untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan,  Dinas Kesehatan berkoordinasi dengan Polda, Dishub untuk antisipasi kelelahan para pengemudi.



Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Tim Teknis Pengungkapan Kasus Novel Dinilai Belum Ungkap Apapun