JK Dukung Pertemuan Jokowi - Prabowo

JK mengatakan tidak akan mengurangi legitimasi kemenangan calon terpilih walau kontestan yang kalah tidak mengakui kemenangan tersebut

BERITA , NASIONAL

Selasa, 21 Mei 2019 15:44 WIB

Author

Dwi Reinjani

JK Dukung Pertemuan Jokowi -  Prabowo

Jusuf Kalla (Foto: Antara/ M. Irfan Ilmie)

KBR, Jakarta- Wakil Presiden Jusuf Kalla, meminta siapapun yang kalah dalam kontestasi pemilu berjiwa besar menerima kekalahannya.

JK menambahkan, ia sangat mendukung jika pertemuan Jokowi dan Prabowo terlaksana, menurutnya pertemuan itu untuk mendinginkan situasi yang saat ini   sedang memanas.

“Tadi dalam pidatonya pak Jokowi sudah menawarkan itu (pertemuan), ya harus langsung tidak boleh menggunakan perantara, dalam kondisi seperti ini harus ada yang mengajak. Tapi pak Jokowi sudah terbuka tadi, etisnya selalu yang kalah menelpon yang menang. Saya dulu waktu kalah dengan pak SBY, saya langsung telpon, selamat, dan saya menerima itu.” Ujar JK, di kantornya, Selasa (21/05).

JK menegaskan, dalam sebuah kontestasi tidak mungkin, ada dua pemenang atau seri. 

Menurutnya jika sudah ditetapkan siapa pemenangnya maka pihak yang kalah harus siap menerima kekalahan dan mengajak pendukungnya kembali damai.

Ia juga mengatakan walau kontestan yang kalah tidak mengakui kemenangan maka tidak akan mengurangi legitimasi kemenangan calon terpilih. Hanya mungkin menurut JK, akan banyak kegaduhan yang terjadi dalam beberapa hari kedepan.

Editor: Ardhi Rosyadi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Mahkamah Konstitusi Gelar Sidang Perdana, Perselisihan Hasil Pemilu

10 Tahun UU Narkotika: Seperti Apa Implementasinya?

Sidang Perdana Sengketa Pemilu

Cek Fakta: Misleading Content KPU Panik

What's Up Indonesia