BERITA

Kemenhub: Kuota Mudik Gratis Kapal Roro Masih Banyak

"Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi menjelaskan, kapal roro rute Jakarta-Semarang masih tersisa dekitar 70% kuota. Sementara rute ke Lampung dan Surabaya belum terisi setengahnya."

Rio Tuasikal

Kemenhub: Kuota Mudik Gratis Kapal Roro Masih Banyak
Ilustrasi: Calon pemudik menaiki kapal. (Foto: KBR/ Adhima)

KBR, Jakarta - Kementerian Perhubungan masih memiliki kuota mudik gratis dengan 3 Kapal Roro bagi pemudik dari Jakarta. Rute tiga Kapal Roro ini adalah dari Jakarta ke Lampung, Semarang, atau Surabaya. Kapal Roro masing-masing bisa menampung 3.000 penumpang dan 1.500 motor.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menyatakan pendaftaran masih dibuka hingga 13 Juni 2018.

"Saya masih punya dari Jakarta ke Panjang Lampung, Jakarta ke Semarang, Jakarta ke Surabaya," ujarnya kepada KBR, Selasa (29/5/2018).

"Yang sudah cukup tinggi okupansinya itu Jakarta ke Semarang, tapi masih bisa juga kalau masyarakat mendaftar. Tanggal 13 mungkin terakhir pendaftaran," tambahnya.

Dia menjelaskan, rute Jakarta-Semarang sudah terisi 70% sementara ke Lampung dan Surabaya belum terisi setengahnya.

Baca juga:

    <li><b><a href="http://kbr.id/berita/05-2018/jelang_mudik__petugas_pelabuhan_ketapang_periksa_kelayakan_kapal/96209.html">Jelang Mudik, Petugas Pelabuhan Ketapang Periksa Kelayakan Kapal</a>&nbsp;<br>
    
    <li><b><a href="http://kbr.id/berita/04-2018/ini_jatah_kereta_tambahan_pt_kai_untuk_mudik_lebaran_2018/95720.html">Ini Jatah Tambahan PT KAI untuk Mudik Lebaran 2018</a>&nbsp;</b><br>
    

Pendaftaran itu bisa dilakukan online melalui situs mudikgratis.dephub.go.id atau mendaftar langsung di Kementerian Perhubungan atau kantor cabang PT. Atosim Lampung di Bandar Lampung, Semarang, dan Surabaya.

Sebanyak 62 BUMN juga menyelenggarakan mudik gratis pada lebaran tahun ini. PT ASDP Indonesia Ferry menggelar mudik gratis ke Indonesia Timur dengan tujuan ke Ambon, Ternate, dan Bau-bau. Pendaftaran akan dibuka pekan depan di kantor ASDP cabang Ternate, Ambon, dan sejumlah pelabuhan.

Sementara PT Pelindo menyediakan 4.750 kursi untuk 11 rute mudik jalur darat di Sumatera. Rute ini meliputi Medan-Aceh, Medan-Dumai, Pekanbaru-Medan, dan Perawang-Padang.

Baca juga:

    <li><b><a href="http://kbr.id/berita/05-2018/ini_tiga_anjuran_menteri_perhubungan_untuk_pemudik/96205.html">Ini 3 Anjuran Menhub untuk Pemudik</a>&nbsp;<br>
    
    <li><b><a href="http://kbr.id/berita/05-2018/kuatir_terjebak_kemacetan_saat_mudik__ini_saran_menteri_perhubungan/96201.html">Menhub Budi Karya Punya Tips bagi Anda yang Khawatir Terjebak Kemacetan</a>&nbsp;</b>&nbsp;</li></ul>
    



    Editor: Nurika Manan

  • mudik gratis
  • mudik lebaran 2018
  • kementerian perhubungan
  • Kemenhub

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!