Tangani Penyebaran Covid-19, Pemerintah Harus Perhatikan Empat Hal Ini

"Dengan diberlakukannya PSBB berarti pemerintah harus memastikan ada bantuan berupa uang tunai maupun barang yang bisa dimanfaatkan oleh kelompok terdampak"

BERITA | NASIONAL

Senin, 13 Apr 2020 21:10 WIB

Author

Valda Kustarini

Tangani Penyebaran Covid-19, Pemerintah Harus Perhatikan Empat Hal Ini

ilustrasi pencegahan penyebaran covid-19 di Jakarta

KBR, Jakarta - Ekonom Chatib Basri menilai pemerintah harus mempertimbangkan empat hal untuk menangani penyebaran virus covid-19 di Indonesia. 

Chatib menyebut empat sektor itu adalah sektor kesehatan, jaminan sosial, penanganan di daerah perkotaan, dan perusahaan. 

Untuk penanganan di sektor kesehatan, katanya, jumlah rumah sakit rujukan covid-19 harus memadai, dan tersebar di berbagai wilayah. 

"Sehingga pasien positif bisa langsung ditangani, katanya di Jakarta, Senin (13/4/2020).

Selanjutnya, lanjut Chatib Basri, adalah jaminan sosial. Ia melanjutkan, dengan diberlakukannya PSBB berarti pemerintah harus memastikan ada bantuan berupa uang tunai maupun barang yang bisa dimanfaatkan oleh kelompok terdampak.

"Sehingga pemerintah harus menyiapkan jaminan sosial. Kamu dibayar untuk tetap di rumah. Itu mengapa Bantuan Langsung Tunai sangat penting sebab kita harus memberikan kompensasi pada orang-orang untuk tetap di rumah. Jika tidak, mereka akan keluar untuk bekerja misalnya pengemudi ojek daring dan sebagainya. Maka dari itu mereka butuh kompensasi, dan fokus kedua kita adalah jaminan sosial," ujarnya.

Sektor ketiga yang harus jadi fokus pemerintah, kata Chatib, adalah penanganan pandemi di perkotaan. 

Menurutnya, dengan padatnya populasi masyarakat perkotaan, jika tidak dibarengi dengan stimulus di wilayah perkotaan maka masyarakat kota ini akan kembali ke kampung mereka, dan hal ini sangat berbahaya. 

"Jika ada yang sudah terinfeksi dan kembali ke desa, maka tidak akan bisa dikendalikan lagi penyebarannya," jelasnya.

Sektor keempat, tambah Chatib, pemerintah diminta ikut turun tangan dalam menyelesaikan persoalan perusahaan yang tertekan keuangannya akibat pandemi ini. 

Jika tidak, maka akan ada Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) secara besar-besaran. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan tetap memberikan kredit pada perusahaan.

"Jika bank-bank berhenti memberikan kredit maka perusahaan akan berhenti beroperasi. Sehingga pemerintah harus turun tangan untuk memastikan kredit tetap berjalan," pungkasnya.

Editor: Kurniati Syahdan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

RS di Jalur Gaza Kewalahan Tampung Pasien Covid-19

Kabar Baru Jam 7

Kisah Pendamping Program Keluarga Harapan Edukasi Warga Cegah Stunting

Siapkah Sekolah Kembali Tatap Muka?

Eps8. Food Waste