Pemerintah Tetepkan Awal Ramadan Jatuh Pada Jumat

"Kami dengan suara bulat menetapkan bahwa awal Ramadan 1441 Hijriah jatuh pada esok hari bertepatan dengan Hari Jumat, 24 April 2020,"

BERITA | NASIONAL

Kamis, 23 Apr 2020 19:21 WIB

Author

Wahyu Setiawan

Pemerintah Tetepkan Awal Ramadan Jatuh Pada Jumat

Tim Astronomi MAN 1 Solo memantau hilal dengan teleskop Kamis (23/4). (Antara/Maulana)

KBR, Jakarta-  Pemerintah menetapkan awal Ramadan 1441 Hijriah bertepatan pada Jumat, 24 April 2020. Keputusan itu diambil usai menggelar sidang isbat penetapan 1 Ramadan yang diikuti LAPAN, BMKG, Tim Falakiyah Kementerian Agama, hingga ormas Islam.

Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan, penentuan awal Ramadan menggunakan metode hisab dan rukyatulhilal.

"Menurut laporan dari titik-titik rukyatulhilal, posisi hilal di atas ufuk berkisar antara 2 derajat 41 menit sampai dengan 3 derajat 44 menit. Karenanya akhirnya kami dengan suara bulat menetapkan bahwa awal Ramadan 1441 Hijriah jatuh pada esok hari bertepatan dengan Hari Jumat, 24 April 2020," kata dia dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Kamis (23/4/2020).

Menteri Agama Fachrul Razi menjelaskan, pemantauan hilal dilaksanakan di 82 titik di seluruh Indonesia. Beberapa di antaranya seperti Pantai Suak Geudeubang Kabupaten Aceh Barat, Pantai Penagan di Bangka Belitung, Bosscha Lembang Bandung, hingga Pantai Lampu Satu Marauke.

Fachrul Razi juga menyampaikan agar masyarakat tetap menjalankan ibadah Ramadan di rumah. Ia meminta masyarakat bisa menyesuaikan diri beribadah di tengah pandemi Covid-19.  

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Myanmar Didesak Tunda Pemilu

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17