Awal Kemarau 2020, Luas Karhutla Capai 8 Ribu Hektare

"Para pemangku kepentingan dan masyarakat diharapkan untuk lebih siap dan antisipatif terhadap kemungkinan dampak musim kemarau."

BERITA | NASIONAL

Rabu, 15 Apr 2020 20:25 WIB

Author

Adi Ahdiat

Awal Kemarau 2020, Luas Karhutla Capai 8 Ribu Hektare

Asap karhutla mengepul di wilayah Nongsa, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (15/4/2020). (Foto: ANTARA)

KBR, Jakarta - Menurut BMKG pada April 2020 ini Indonesia sudah memasuki awal musim kemarau.

Meski baru awal, luas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di berbagai wilayah totalnya sudah mencapai lebih dari 8 ribu hektare.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mencatat wilayah dengan area karhutla terbesar sampai Rabu (15/4/2020) adalah:

  • Riau: 2.765 hektare
  • Papua Barat: 1.419 hektare
  • Kalimantan Barat: 770 hektare

Ingat Lagi: Akibat Karhutla, 144 Ribu Orang Kena ISPA

BMKG mewanti-wanti bahwa kasus karhutla berpotensi meluas di puncak musim kemarau, yang diprediksi akan terjadi pada Juli-Agustus 2020.

"Para pemangku kepentingan dan masyarakat diharapkan untuk lebih siap dan antisipatif terhadap kemungkinan dampak musim kemarau, terutama di wilayah yang rentan terhadap bencana kekeringan meteorologis, kebakaran hutan dan lahan, dan ketersediaan air bersih," tegas BMKG di situs resminya.

"Para pemangku kepentingan dapat lebih optimal melakukan penyimpanan air pada musim hujan ini untuk memenuhi danau, waduk, embung, kolam retensi, dan penyimpanan air buatan lainnya di masyarakat melalui gerakan memanen air hujan," lanjut BMKG.

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Strategi Pembiayaan Lingkungan Hidup

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17