BERITA

(CEKFAKTA) Ada TPS Tawarkan Doorprize Cincin Berlapis Emas?

(CEKFAKTA) Ada TPS Tawarkan Doorprize Cincin Berlapis Emas?

Berita:

Beredar informasi melalui media sosial WhatsApp yang menyebut ada TPS menawarkan doorprize bagi calon pemilih pada Pemilu 17 April 2019. 

Informasi itu menyebut calon pemilih yang datang ke TPS 06 Bintaran Kulon sebelum pukul 10 WIB akan berpeluang mendapat doorprize. Hadiah yang tersedia mulai cincin lapis emas, voucher makan mie ayam hingga bingkisan minyak goreng. 

Bintaran Kulon merupakan kawasan di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. 

red

Hasil Cek Fakta:

Dari pencarian, tidak ditemukan satu pun informasi yang sama atau serupa dengan klaim tersebut. Pencarian melalui Twitter dengan berbagai kata kunci tidak menghasilkan informasi mengenai adanya doorprize pemilu.

Sedangkan pencarian melalui Facebook memperlihatkan munculnya informasi itu dari akun Namira Hidayat. 

Menurut akun itu, informasi itu berasal dari pihak ketiga, yaitu seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang juga berlokasi di Bantul. Namun tidak disebutkan namanya. 

Informasi itu tidak memiliki ada sumber akurat. 

Kesimpulan: 

Informasi itu cenderung salah dan tidak bisa dipertanggungjawabkan.

  • Pemilu 2019
  • Kawal Pemilu
  • Pilpres 2019
  • hoaks
  • Cekfakta

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!