BERITA

Moeldoko: Kartu Prakerja Tidak Menjamin Penganggur Dapat Pekerjaan

""Karena tugas pemerintah itu untuk mendorong ke pekerjaan dan kewirausahaan, bukan menjamin," kata Kepala KSP Moeldoko."

Moeldoko: Kartu Prakerja Tidak Menjamin Penganggur Dapat Pekerjaan
Kepala staf Kepresidenan Moeldoko dalam konferensi pers terkait Kartu Prakerja di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (20/3/2020). (Foto: ANTARA)

KBR, Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menegaskan program Kartu Prakerja tidak menjamin pemegangnya memperoleh pekerjaan.

Moeldoko yang juga berperan sebagai Wakil Ketua Komite Cipta Kerja dan Kartu Prakerja, menyebut kartu ini fokus pada peningkatan pengalaman dan keahlian pemegangnya. Sebab, hal itu yang sering dicari oleh perusahaan ketika merekrut pegawai.

"Ini juga bukan sebuah jaminan, setelah Kartu Prakerja itu mendapat pekerjaan. Karena tugas pemerintah itu untuk mendorong ke pekerjaan dan kewirausahaan, bukan menjamin," kata Moeldoko dalam konferensi pers, Jumat (20/3/2020).

“Kartu ini bukan menggaji pengangguran. Itu tafsiran yang salah,” katanya lagi.

Moeldoko mendorong warga yang baru lulus sekolah supaya memanfaatkan Kartu Prakerja untuk menambah keahlian kerja.

Ia juga menyebut program ini bukan satu-satunya cara pemerintah dalam meningkatkan kualitas SDM. Masih ada program lainnya seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP), super tax deduction untuk vokasi, dan revitalisasi SMK.

Editor: Ardhi Rosyadi

  • kartu prakerja
  • pengangguran

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!