Menpar: Tunda Pariwisata dan MICE Sampai Pandemi Covid-19 Berlalu

"Mengimbau para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif tidak menyelenggarakan Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran (MICE) hingga wabah pandemi Covid-19 berlalu."

BERITA | NASIONAL

Selasa, 17 Mar 2020 13:49 WIB

Author

Adi Ahdiat

Menpar: Tunda Pariwisata dan MICE Sampai Pandemi Covid-19 Berlalu

Wisatawan asing tiba di Pelabuhan Bangsal, Lombok Utara, NTB, usai berkunjung ke destinasi wisata Gili Trawangan, Selasa (17/3/2020). (Foto: ANTARA)

KBR, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menpar) Wishnutama Kusubandio mengimbau agar seluruh kegiatan terkait pariwisata ditunda sementara.

Imbauan ini disampaikan demi mencegah meluasnya penyebaran kasus Coronavirus Disease-2019 (Covid-19) di Indonesia.

“Untuk sementara agar bisa membatasi kegiatan-kegiatan seperti promosi pariwisata dan ekonomi kreatif, juga mengimbau para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif tidak menyelenggarakan Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran (MICE) hingga wabah pandemi Covid-19 berlalu sesuai instruksi dari pemerintah,” kata Wishnutama dalam siaran persnya, Selasa (17/3/2020).

“Kami mengimbau masyarakat untuk tidak bepergian jika tidak diperlukan, kecuali untuk keperluan mendesak, melakukan social distancing, menerapkan higienitas, dan gaya hidup sehat,” katanya lagi.

Wishnutama menyatakan pemerintah sudah menyiapkan stimulus keuangan untuk mendongkrak pariwisata nasional setelah wabah Covid-19 mereda.


Berita Terkait: Peneliti ITB Prediksi Wabah Corona di Indonesia Berakhir April 2020


Kapan Wabah Covid-19 Berlalu?

Sampai sekarang organisasi kesehatan dunia WHO belum mengumumkan perkiraan kapan pandemi Covid-19 akan mereda di skala global.

Tapi, khusus untuk kasus di Indonesia, peneliti dari PPMS ITB memprediksi wabah ini akan berakhir pada April 2020.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga menetapkan bahwa status darurat wabah Covid-19 di Indonesia akan terus berlangsung sampai penghujung Mei 2020.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Instagram Perketat Aturan Soal Iklan

Kabar Baru Jam 7

Menakar Tawaran Pembangkangan Sipil terhadap Undang-undang Cipta Kerja

Masa Depan Anak Broken Home

Kabar Baru Jam 8