Jokowi: Indonesia Siap Hadapi COVID-19

“Lebih dari 100 rumah sakit yang siap dengan ruang isolasi mengenai virus Corona, dengan standar isolasi yang baik. Kita juga memiliki peralatan yang memadai sesuai dengan standar internasional."

BERITA | NASIONAL

Senin, 02 Mar 2020 14:04 WIB

Author

Dwi Reinjani

Jokowi: Indonesia Siap Hadapi COVID-19

Presiden Jokowi dan Menkes Terawan Agus Putranto saat mengumumkan ada dua WNI yang terkena COVID-19 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (2/3/2020). (Foto: ANTARA)

KBR,Jakarta - Presiden Joko Widodo mengklaim Indonesia sudah siap menghadapi COVID-19.

“Persiapan rumah sakit, lebih dari 100 rumah sakit yang siap dengan ruang isolasi mengenai virus Corona, dengan standar isolasi yang baik. Kita juga memiliki peralatan yang memadai sesuai dengan standar Internasional," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (2/3/2020).

"Kita juga memiliki persiapan untuk reagen (alat laboratorium) yang cukup. Kita juga memiliki tim gabungan, yang ini juga tidak pernah saya sampaikan, tim gabungan TNI, Polri, dan sipil dalam penanganan ini. Kita juga memiliki SOP yang standarnya sama dengan standar internasional yang ada,” tambahnya.

Setelah Jokowi mengumumkan ada dua WNI yang positif COVID-19 pada Senin (2/3/2020) ia meminta masyarakat tetap tenang dan mengikuti aturan kebersihan standar.

Jokowi juga mengatakan pemerintah telah menyiapkan anggaran besar untuk menghadapi penyebaran COVID-19.

“Saya kira semua negara saat ini hati-hati, termasuk kita sejak awal juga hati-hati. Tapi sekali lagi, ini semuanya sudah ditangani tim dan kita bekerja seperti biasanya," kata Jokowi.

"Cuci tangan penting sekali, kontak-kontak yang tidak perlu saya kira tidak perlu dilakukan terlebih dahulu, kemudian menjaga imunitas,” lanjutnya.

Senada dengan Jokowi, Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan juga mengimbau masyarakat agar tidak panik dan tetap berpikir rasional.

Menkes Terawan meminta warga tetap rasional dalam membeli ataupun menggunakan masker. Menurut dia, penggunaan masker hanya diimbau untuk penderita batuk, pilek, dan flu, sedangkan untuk selebihnya tidak dianjurkan.


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Wabah Corona

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17