Jadi RS Darurat Covid-19, Wisma Atlet Kemayoran Mulai Diaktifkan Senin Depan

Pasien Covid-19 akan ditempatkan di tower 6 dan 7 dengan daya tampung total 4.208 orang.

BERITA | NASIONAL

Jumat, 20 Mar 2020 15:21 WIB

Author

Wahyu Setiawan

Jadi RS Darurat Covid-19, Wisma Atlet Kemayoran Mulai Diaktifkan Senin Depan

Wisma Atlet Kemayoran yang akan difungsikan sebagai RS darurat Covid-19 di Jakarta. (Foto: ANTARA)

KBR, Jakarta - Wisma Altet Kemayoran, Jakarta, akan mulai dioperasikan sebagai rumah sakit darurat penanganan pasien Covid-19 pada Senin depan (23/3/2020).

Dirjen Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Khalawi Abdul Hamid mengatakan, persiapan sudah dilakukan sejak Rabu lalu.

"Dalam waktu 3-4 hari, jadi hari Minggu (persiapan) harus sudah selesai. Hari Minggu gladi resik kira-kira siang. Dan dioperasikan rencana tanggal 23 (Maret) hari Senin, moga-moga diresmikan oleh Bapak Presiden untuk operasionalnya," kata Khalawi saat dihubungi KBR, Jumat siang (20/3/2020).

Dirjen Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Khalawi Abdul Hamid menjelaskan, dari sepuluh tower yang ada, tahap pertama hanya akan disiapkan dan dioperasionalkan sebanyak empat tower sebagai rumah sakit darurat, yakni tower 1, 3, 6, dan 7.

Khusus untuk penanganan pasien akan ditempatkan di tower 6 dan 7 dengan daya tampung total 4.208 orang.

"Dengan asumsi 1 unit diisi 3 orang," jelas Khalawi.

Untuk tower 7 lantai 1, akan digunakan sebagai ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD), lantai 2 untuk ruang ICU, lantai 3 untuk ruang pemulihan, kemudian lantai 4 hingga 32 untuk ruang isolasi pasien.

Khalawi menambahkan, ruangan untuk petugas atau tenaga medis akan dipisah dengan pasien. Para tenaga medis akan menempati ruangan di tower 1 dengan daya tampung 1.750 orang.

Kemudian untuk tower 3 akan digunakan sebagai posko Gugus Tugas Penanganan Covid-19, jajaran Kementerian BUMN, dan Kementerian PUPR.

Khalawi menjelaskan, semua alat kelengkapan kesehatan yang ada di tower 1, 6, dan 7, disediakan oleh PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI).

"PUPR bertanggung jawab menyiapkan fisiknya, termasuk penambahan ruang-ruang untuk IGD tadi, dan beberapa kamar mandi dan ICU. Itu kita kerjakan sampai Hari Sabtu malam," ujarnya. 

Editor: Ardhi Rosyadi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Perkara Kekerasan Pada Anak Kala Belajar dari Rumah

Gubernur Kaltim bakal Tegur Paslon yang Langgar Protokol Kesehatan dalam Pilkada

Kabar Baru Jam 8

Bela Rasa Lintas Iman di Masa Pandemi

Kabar Baru Jam 7