Ini Jumlah Kebutuhan APD di Jakarta per Hari

"Di Jakarta, dua minggu terakhir, rata-rata penggunaan APD adalah satu hari seribu unit. Tentu itu kan mencerminkan peningkatan jumlah orang yang harus dirawat," kata Anies Baswedan.

BERITA | NASIONAL

Senin, 23 Mar 2020 13:37 WIB

Author

Wahyu Setiawan, Adi Ahdiat

Ini Jumlah Kebutuhan APD di Jakarta per Hari

Petugas medis membantu rekannya memasang APD di RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). (Foto: ANTARA)

KBR, Jakarta- Kebutuhan alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis di Jakarta, khususnya baju pelindung atau gown coverall, mencapai 1.000 unit per hari. Hal ini disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Di Jakarta, dua minggu terakhir, rata-rata penggunaan APD adalah satu hari seribu unit. Tentu itu kan mencerminkan peningkatan jumlah orang yang harus dirawat. Jadi mudah-mudahan tidak meningkat, tapi kira-kira rata-ratanya kemarin seribu per hari," kata Anies dalam jumpa pers di Pendopo Balai Kota, Jakarta, Senin (23/3/2020).

Anies mengungkapkan APD ini tak hanya digunakan tenaga medis di rumah sakit rujukan, melainkan juga tenaga medis di puskesmas dan laboratorium.

Hingga Senin siang (23/3/2020), ada 437 pasien positif dan 394 pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 yang dirawat di fasilitas kesehatan di Jakarta.


Berita Terkait: PPNI: Petugas Medis Indonesia Butuh Jutaan Alat Pelindung Diri


Pemprov DKI Distribusikan 40 Ribu APD

Pada Minggu malam (22/3/2020) Pemprov DKI Jakarta telah menerima 40 ribu paket APD dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19. Setiap paketnya terdiri dari baju pelindung badan dan pelindung kaki untuk tenaga medis.

Gubernur DKI Anies Baswedan menyatakan sudah mendistribusikan APD tersebut mulai hari ini, Senin (23/2/2020).

"Setelah berkomunikasi tadi malam, diatur delivery dan pagi hari ini langsung juga dikirim ke seluruh rumah sakit rujukan, fasilitas-fasilitas kesehatan yang menangani pasien-pasien atau orang dalam pemantauan atau pasien dalam pengawasan di DKI Jakarta," kata Anies dalam jumpa pers di Pendopo Balai Kota, Jakarta, Senin (23/3/2020).

Anies menyebut baju pelindung ini didistribusikan ke rumah sakit rujukan, jejaring laboratorium, serta puskesmas-puskesmas yang menangani Covid-19 di Jakarta.

"Karena salah satu tantangan baik dari para petugas kita adalah memastikan mereka tidak terpapar, dan alat-alat ini menjadi sangat penting sekali," lanjutnya. 

Editor: Sindu Dharmawan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Menyoal Penerapan Mini Lockdown

Kabar Baru Jam 8

Pelanggaran KKB Meningkat Jelang Setahun Pemerintahan Jokowi-Maruf Amin