BERITA

Cegah Virus, Pendatang dari 4 Negara Ini Harus Bawa Sertifikat Kesehatan

"Keempat negara itu adalah Korea Selatan, Italia, Iran, dan Jepang."

Cegah Virus, Pendatang dari 4 Negara Ini Harus Bawa Sertifikat Kesehatan
Petugas memeriksa Health Alert Card di Terminal Kedatangan Internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Senin (2/3/2020). (Foto: ANTARA)

KBR, Jakarta - Pemerintah memberlakukan sejumlah syarat khusus bagi pendatang dari empat negara episentrum baru Covid-19, yakni Korea Selatan, Italia, Iran, dan Jepang.

Hal itu diungkapkan Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko.

“Satu, yang paling pasti ada healthy certificate (sertifikat kesehatan). Yang kedua, ada travel story, itu kira-kira. Harus ada ketentuan itu ya, harus,” ujar Moeldoko, di kompleks Istana Presiden, Jakarta, Rabu (4/3/2020).

“Kalau travel story itu sejarah perjalanan mereka, karena kita ada survey tracking. Seperti berhubungan dengan orang Jepang, orang Jepang ini kan sebelumnya di-tracking dulu, story travel-nya itu seperti apa, ini diikutin terus. Nanti pengaruhnya kepada kanan, kiri, survey tracking-nya seperti apa,” lanjutnya.

Menurut Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, pemerintah juga akan membuat jalur khusus di pintu-pintu masuk Indonesia bagi pendatang dari empat negara tersebut. Apabila ditemukan gejala demam, maka mereka akan dikarantina.

Menurut data WHO, jumlah kasus Covid-19 di keempat negara itu memang meningkat signifikan dalam beberapa pekan belakangan. Rincian jumlah kasusnya sampai Rabu sore (4/3/2020) adalah:

    <li>Korea Selatan: 5.328 kasus</li>
    
    <li>Italia: 2.502 kasus</li>
    
    <li>Iran: 2.336 kasus</li>
    
    <li>Jepang: 287 kasus<span id="pastemarkerend"> <br>
    


Editor: Ardhi Rosyadi

  • COVID-19

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!