Besok, Jawa Barat Gelar Tes Covid-19 Massal

Tes akan dilakukan di 3 lokasi yakni Stadion Patriot, Pakansari dan Jalak Harupat.

BERITA | NASIONAL

Senin, 23 Mar 2020 08:53 WIB

Author

Muthia Kusuma, Astri Yuanasari

Besok, Jawa Barat Gelar Tes Covid-19 Massal

Petugas Dinkes mengumpulkan darah anggota DPRD Kota Bogor untuk pemeriksaan corona. (Foto: Antara)

KBR, Jakarta- Pemerintah Provinsi Jawa Barat, akan menggelar tes massal Covid-19 pada Selasa (24/3/2020). Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, tes akan dilakukan di 3 lokasi yakni Stadion Patriot, Pakansari dan Jalak Harupat.

Kata dia, tes massal ini akan dilakukan melalui pemeriksaan darah, PCR (Polymerase Chain Reaction) dan pemeriksaan dahak. Kata Ridwan, alat untuk pemeriksaan massal ini akan tiba hari ini di Bandung.  

"Tes massal akan dilaksanakan hari Selasa, paling lambat hari Rabu. Di Jawa Barat, ada tiga lokasi stadion. Stadion Patriot untuk warga kota Bekasi, warga Kabupaten Bekasi, dan warga Kabupaten Karawang. Tapi melihat statistiknya, mayoritas yang paling banyak dicek massal adalah warga kota Bekasi, diikuti oleh warga Kabupaten Bekasi, dan Karawang, semakin jauh, semakin sedikit," jelas Ridwan di Stadion Patriot, Bekasi, Minggu, (23/11/2020).

Ridwan menjelaskan, teknis pengujian akan dilakukan dalam dua tahap. Tes ini juga mengutamakan pemeriksaan pada Orang Dalam Pemantauan atau ODP, Pasien Dalam Pengawasan atau PDP, dan orang yang positif Covid-19 beserta 50 orang terdekat mereka.

"Ini yang harus di-clearkan, banyak yang bilang sama saya kapan bisa dites. Semua minta di tes, karena menganggap semua kaya disensus. Jawabannya tidak, karena ada screening dan kriteria. Sehingga polanya ketahuan dan penyebarannya ke mana untuk menekan kurvanya." ucap Ridwan.

Sebelumnya,  Presiden Joko Widodo meminta tes cepat atau rapid test dengan cakupan yang lebih luas segera dilakukan untuk mendeteksi Covid-19 secara cepat. Ia juga meminta agar alat dan fasilitas pendukung untuk rapid test ini diperbanyak. Pemeriksaan dengan metode ini bakal lebih cepat daripada test swab yang selama ini digunakan. 

"Segera lakukan rapid test (test cepat) dengan cakupan yang lebih besar, agar deteksi dini kemungkinann indikasi awal seseorang terpapar covid-19 bisa kita lakukan. Saya minta alat rapid test terus diperbanyak juga memperbanyak tempat-tempat untuk melakukan tes yang melibatkan RS, baik pemerintah, milik BUMN, Pemda, RS milik TNI Polri dan swasta dan lembaga riset yang pendidikan tinggi yang mendapatkan rekomendasi dari Kemenkes," kata Jokowi saat membuka Ratas Covid-19 dalam video converence, Kamis (19/3/2020).

Presiden Joko Widodo menyebut, pemeriksaan juga dapat dilakukan di lembaga riset dan perguruan tinggi yang mendapat rekomendasi Kementerian Kesehatan.


Editor: Friska Kalia 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Menyoal Penerapan Mini Lockdown

Kabar Baru Jam 8