1 Suspect COVID-19 Meninggal di RSPI Sulianti Saroso

"(Pasien mengidap) penyakit komplikasi. Usia tua, hipertensi. Tapi kalau kita tahu, kalau masuk dengan ventilator itu indikasi memang agak berat. Apalagi dengan kondisi umurnya yang sudah sangat tua."

BERITA | NASIONAL

Jumat, 06 Mar 2020 17:32 WIB

Author

Wahyu Setiawan

1 Suspect COVID-19 Meninggal di RSPI Sulianti Saroso

Petugas memarkir ambulans di dekat ruang isolasi RSPI Sulianti Saroso Jakarta, Kamis (5/3/2020). (Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan)

KBR, Jakarta - Satu pasien suspect (diduga terpapar) penyakit virus corona baru (COVID-19) meninggal di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso.

Pasien berusia 65 tahun.

Direktur Utama RSPI Mohammad Syahril mengatakan pasien meninggal Kamis (5/3/2020) kemarin dan kini sudah dibawa pulang keluarga.

Menurut Syahril, pasien ini masuk kategori Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan memiliki anak yang baru menempuh perjalanan dari Singapura.

Namun Syahril tak menjelaskan detail kondisi anaknya saat ini.

"Jadi yang meninggal ini sampai saat ini masih dievaluasi dan belum dinyatakan hasilnya itu positif. Karena memang dia perjalanan penyakitnya yang sangat berat, kemarin. Kita tidak memberikan (hasil) apakah dia positif atau negatif, tapi dalam evaluasi," kata Syahril dalam jumpa pers di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta, Jumat (6/3/2020) sore.

Mohammad Syahril menjelaskan, pasien suspect COVID-19 yang meninggal tersebut telah menjalani perawatan selama dua hari di RSPI.

Sebelumnya, pasien itu sempat dirawat selama sepekan di sebuah rumah sakit swasta. Saat dirujuk ke RSPI, pasien sudah dalam kondisi buruk dan menggunakan ventilator (alat bantu pernafasan).

"(Pasien mengidap) penyakit komplikasi. Usia tua, hipertensi. Tapi kalau kita tahu, kalau masuk dengan ventilator itu indikasi memang agak berat. Apalagi dengan kondisi umurnya yang sudah sangat tua," kata Syahril.

Syahril mengatakan, hasil laboraturium dari pasien meninggal ini akan diumumkan oleh Pemerintah Pusat.

Editor: Agus Luqman 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Ayo Belajar Kriya dan Seni

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Sejumlah Daerah di Indonesia Mulai Terapkan Karantina Wilayah