Gibran Ikut Fit and Proper Test Calon Walkot, PDIP Bilang Tak Istimewakan Solo

"Hanya dikau saja yang punya perhatian Solo. Dikau yang punya perhatian di Solo karena ada putra presiden. Kan begitu,"

BERITA | NASIONAL

Senin, 10 Feb 2020 12:39 WIB

Author

Heru Haetami

Gibran Ikut Fit and Proper Test Calon Walkot, PDIP Bilang Tak Istimewakan Solo

Cawali Gibran Rakabuming Raka saat acara

KBR, Jakarta-  DPP PDI Perjuangan menggelar uji kelayakan dan kepatutan bakal calon wali kota Solo pada Senin (10/02). Ketua PDIP Bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto mengklaim uji kelayakan yang digelar di kantor pusat itu tidak mengistimewakan pemilihan kepala daerah Solo.

"Bukan hanya Solo saja itu yang lain-lain banyak. Hanya dikau saja yang punya perhatian Solo. Dikau yang punya perhatian di Solo karena ada putra presiden. Kan begitu," kata Bambang saat ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (10/2/2020).

Ketua PDIP Bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto menjelaskan tes yang akan dilakukan tidak ada yang berbeda dengan uji kelayakan pada umumnya.

"Yang difit itu cocok ga? Punya kompetensi ga? Tentu kita kan punya cara pandang yang berbeda. Misalnya gimana cara memandang masalah pokok di kota Solo itu apa, dan seterusnya. Lalu gimana kalau seandainya jadi? Ya itu normal aja lah seperti biasa lah," kata Bambang

Bambang menambahkan, pada saat uji kelayakan dan kepatutan nantinya juga akan disertakan hasil survei elektabilitas ketiga bacalon tersebut. Namun kata Bambang survei elektabilitas tidak akan dipublikasikan termasuk diberitahukan kepada kandidat. Ia beralasan survei elektabilitas hasilnya tidak tetap dan sewaktu-waktu mengalami perubahan.

"Itu (survei) menjadi kewenangan dalam partai.   Kita pergerakan dari waktu ke waktu kita lihat. Ada lah hasil survei. Apakah nanti ditunjukkan kepada para bakal calon? Jawaban saya tidak," kata Bambang.

Uji Kelayakan dan kepatutan bakal calon Wali Kota Solo yang diselenggarakan di DPP PDIP akan mengundang tiga orang yakni Ahmad Purnomo Wakil Wali Kota Solo saat ini, Teguh Prakosa, Ketua DPRD Solo periode lalu, dan Gibran Rakabuming Raka, putra Presiden Joko Widodo.


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Ayo Belajar Kriya dan Seni

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Sejumlah Daerah di Indonesia Mulai Terapkan Karantina Wilayah