BERITA

Desember, Neraca Dagang Defisit 30Juta Dolar AS

Desember, Neraca Dagang Defisit 30Juta Dolar AS

KBR, Jakarta-  Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia pada  Desember 2019 mengalami defisit sebesar 30 juta dolar Amerika Serikat atau setara sekitar 400 miliar rupiah. Kepala BPS, Suhariyanto menyebut, nilai ekspor Indonesia pada bulan Desember 2019  sejumlah 14,47 miliar dolar AS, meningkat 3,77 persen dibandingkan  November.

Sedangkan impor, Kata dia, pada Desember mencapai 14,50 miliar dolar AS, turun 5,47 persen jika dibanding   November .

"Kembali kalau dibandingkan posisi Desember 2018  itu defisitnya jauh lebih besar karena defisitnya 1,1 miliar US dolar. Kita masih defisit, tapi defisitnya jauh lebih kecil daripada posisi tahun 2018," kata Suhariyanto di Kantor BPS (15/1/20).


Suhariyanto merinci, defisit neraca dagang bulan ini berasal dari defisit sektor migas sebesar 971,3 juta dolar AS, sementara sektor nonmigas surplus sebesar 943,1 juta dolar AS.


Meski defisit tipis, Suharyanto berharap pada 2020 ekspor Indonesia dapat meningkat. Pun halnya dengan impor ia berharap supaya impor bisa terkendali. Hal tersebut kata dia agar neraca dagang bisa mencatatkan surplus.


Editor: Rony Sitanggang

  • apbn
  • ekonomi
  • defisit
  • pertumbuhan ekonomi
  • apbn 2019
  • neraca perdagangan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!