Desember, Neraca Dagang Defisit 30Juta Dolar AS

"Kita masih defisit, tapi defisitnya jauh lebih kecil daripada posisi tahun 2018,"

BERITA | NASIONAL

Rabu, 15 Jan 2020 12:36 WIB

Author

Astri Septiani

Desember, Neraca Dagang Defisit 30Juta Dolar AS

Ilustrasi (Antara)

KBR, Jakarta-  Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia pada  Desember 2019 mengalami defisit sebesar 30 juta dolar Amerika Serikat atau setara sekitar 400 miliar rupiah. Kepala BPS, Suhariyanto menyebut, nilai ekspor Indonesia pada bulan Desember 2019  sejumlah 14,47 miliar dolar AS, meningkat 3,77 persen dibandingkan  November.

Sedangkan impor, Kata dia, pada Desember mencapai 14,50 miliar dolar AS, turun 5,47 persen jika dibanding   November .

"Kembali kalau dibandingkan posisi Desember 2018  itu defisitnya jauh lebih besar karena defisitnya 1,1 miliar US dolar. Kita masih defisit, tapi defisitnya jauh lebih kecil daripada posisi tahun 2018," kata Suhariyanto di Kantor BPS (15/1/20).

Suhariyanto merinci, defisit neraca dagang bulan ini berasal dari defisit sektor migas sebesar 971,3 juta dolar AS, sementara sektor nonmigas surplus sebesar 943,1 juta dolar AS.

Meski defisit tipis, Suharyanto berharap pada 2020 ekspor Indonesia dapat meningkat. Pun halnya dengan impor ia berharap supaya impor bisa terkendali. Hal tersebut kata dia agar neraca dagang bisa mencatatkan surplus.


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Jaksa Agung Diminta Klarifikasi Pernyataan bahwa Tragedi Semanggi I-II Bukan Pelanggaran HAM Berat