BERITA

Banjir, Jokowi Ingin Semua BUMN Beri Bantuan untuk Korban

Banjir, Jokowi Ingin Semua BUMN Beri Bantuan untuk Korban

KBR, Jakarta-  Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri BUMN Erick Thohir menggerakkan semua perusahaan BUMN agar ikut membantu korban banjir di Jakarta dan sekitarnya. Menurut Jokowi, semua kementerian/lembaga dan perusahaan BUMN harus bersama-sama menangani dampak banjir, yang terjadi sejak 1 Januari 2020 tersebut.

Ia berkata, para menterinya juga tetap akan turun ke lapangan untuk mengatasi dampak banjir.

"Agar seluruh kementerian yang berkaitan dengan banjir terus terjun ke bawah. Berkaitan dengan kesehatan ya Menteri Kesehatan, berkaitan dengan bantuan-bantuan sosial ya Menteri Sosial, berkaitan dengan bantuan, mungkin juga di Kementerian BUMN yang bisa menggerakkan BUMN. Walau saya lihat semua sudah bergerak, tapi perlu saya ingatkan lagi," kata Jokowi di Istana Negara, Senin (06/01/2020).


Jokowi juga memerintahkan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengingatkan kepala daerah agar bersiap menghadapi bencana banjir saat musim hujan. Ia berkata, persiapan tersebut meliputi perencanaan menghadapi bencana hingga proses evakuasi warga.

Selain itu, Jokowi juga memerintahkan TNI dan Polri terus menerjunkan bantuan untuk mengevakuasi korban bersama Basarnas dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Jokowi menyebut, saat ini pemerintah masih memprioritaskan evakuasi ribuan korban yang terdampak banjir. Ia berkata, keselamatan masyarakat harus selalu didahulukan, sebelum memulai pekerjaan lainnya dalam penanganan banjir.



Editor: Rony Sitanggang

  • banjir
  • ASN
  • BKN
  • bencana
  • banjir jakarta

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!