BERITA

Puluhan Kantor Cabang Biro Haji dan Umrah di Solo Belum Berizin

""Biasanya mereka punya ijin di pemerintah pusat, tetapi ketika membuka kantor cabang di Solo, Kementerian Agama setempat tidak diberi surat rekomendasi atau pemberitahuan ijin operasional ini.""

Yudha Satriawan

Puluhan Kantor Cabang Biro Haji dan Umrah di Solo Belum Berizin
Ilustrasi. Kantor biro perjalanan umrah Hannien Tour. (Foto: kemenag.go.id/Publik Domain)

KBR, Solo - Kantor Kementerian Agama Kota Solo Jawa Tengah memperketat pengawasan terhadap Perusahaan Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU), pascaterungkapnya dugaan penipuan yang dilakukan sejumlah biro perjalanan.

Saat ini ada dua biro perjalanan umrah yang terjerat kasus penipuan di Solo, yaitu First Travel dan Hannien Tour.

Juru bicara Kementerian Agama Kota Solo, Rosyid Ali ada ratusan biro perjalanan umroh dan haji yang berkantor di Kota Solo. Namun, sebagian besar di antaranya berizin resmi di luar wilayah Solo. 

Ketika membuka kantor cabang di Solo, kata Rosyid, mereka tidak menyerahkan surat rekomendasi pembukaan kantor cabang kepada Kementerian Agama Kota Solo.

"Jumlah biro umrah dan haji yang kantor pusat di Solo ada empat. Sedangkan yang buka kantor cabang secara resmi di Solo hanya 12. Padahal, total jumlah biro umrah dan haji yang beroperasi di Solo ada 127 kantor. Biasanya mereka punya ijin di pemerintah pusat, tetapi ketika membuka kantor cabang di Solo, kami tidak diberi surat rekomendasi atau pemberitahuan ijin operasional ini. Kami berharap masyarakat menggunakan jasa biro umroh dan haji yang resmi," kata Rosyid, Jumat (5/1/2018).

Baca juga:

    <li><b><a href="http://kbr.id/berita/01-2018/kemenag_cabut_izin_dan__blacklist__nama_pengelola_biro_umrah_hannien_tour_cibinong/94235.html">Kemenag Cabut Izin dan 'Blacklist' Nama Pengelola Biro Umrah Hannien Tour Cibinong</a> </b><br>
    
    <li><b><a href="http://kbr.id/berita/01-2018/dugaan_penipuan_umrah__polisi_tangkap_lagi_dua__bos__biro_hannien_tour/94321.html">Dugaan Penipuan Umrah, Polisi Tangkap Lagi Dua 'Bos' Biro Hannien Tour</a> </b><br>
    

red

Petugas Polres Kota Solo menunjukkan barang bukti sejumlah dokumen identitas calon jemaah umrah korban dugaan penipuan biro Hannien Tour di Mapolresta Solo, Jumat (5/1/2018). (Foto: KBR/Yudha Satriawan) 

Kementerian Agama Kota Solo Jawa Tengah juga terus menyisir dan mendata masyarakat yang menjadi korban dugaan penipuan biro umrah dari biro Hannien Tour. 

Data Kementerian Agama, saat ini ada lebih dari 500 orang yang diduga menjadi korban penipuan biro Hannien Tour. jumlah itu lebih banyak dibanding data resmi korban Hannien Tour yang dirilis Polres Kota Solo yaitu 494 orang. 

Kementerian Agama Kota Solo juga memastikan kantor cabang biro Hannien Tour di Solo belum mengantongi izin resmi dari Kementerian Agama Solo, meski sudah mendapat izin dari pemerintah pusat.

Biro perjalanan Hannien Tour merupakan biro yang dikelola PT Biro Perjalanan Wisata (BPW) Al-Utsmaniyah. Perusahaan itu berkantor di Ruko Cibinong City, Cibinong, Bogor, Jawa Barat. 

Editor: Agus Luqman 

  • penipuan umrah
  • biro haji dan umrah
  • penyelenggara perjalanan ibadah umrah PPIU
  • penipuan biro umrah
  • Hannien Tour
  • kasus First Travel

Komentar (1)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • Faradila Zahro5 years ago

    Salam, Perkenalkan Saya Faradila Zahro dari ZAINCREATIVE.COM yang merupakan Jasa Pembuatan Website Murah & Jasa SEO. Saya bermaksud memberikan penawaran kepada Anda berupa Jasa SEO untuk meningkatkan posisi website Anda di halaman pencarian Google.co.id, sehingga website Anda dapat menempati posisi yang Baik di Halaman 1 Google.co.id LANGKAH SEO Langkah 1 : Evaluation & Planning - Seleksi halaman website untuk dioptimasi - Konfigurasi Google Webmaster (Search Console) - Pre-optimalisasi submit sitemap.xml ke Search Engine Langkah 2 : Execution - SEO onpage: Optimasi Konten, Webmaster dan Meta - SEO offpage: Pembuatan Backlink Langkah 3 : Completion - Submit sitemap.xml ke Search Engine Langkah 4 : Monitoring - Ranking Monitoring - Laporan Komplit BIAYA SEO * BASIC 3 KEYWORD Rp 750,000 * MEDIUM 5 KEYWORD Rp 1,000,000 * ADVANCE 10 KEYWORD Rp 1,500,000 - Lama Pengerjaan 2 bulan. BEBERAPA PORTFOLIO SEO - http://cathayprinting.com = Print Photobook Surabaya - http://bbpoolgroup.com = Mosaik Kolam Renang - http://lumensautodetailer.com = Auto Detailing - http://johnmillerinvestigation.com = Jasa Penyelidikan Anak - http://slightshop.com = Sepatu Lukis Cantik - http://dealermobiljakarta.com = Promo Innova Jakarta - Dll KONTAK - CALL, WA : 0856 4095 6747 Sekian penawaran saya, terimakasih karena telah meluangkan waktu untuk membaca penawaran dari saya. Salam Faradila Zahro Phone 0856 4095 6747 ZAINCREATIVE.COM - JASA PEMBUATAN WEBSITE & JASA SEO Jl, Srandakan - Bantul, Dusun Ngabean RT.03, Kec. Pandak Bantul, Yogyakarta [email protected]