BERITA

Lantik Idrus Jadi Mensos, Ini Pertimbangan Jokowi

Lantik Idrus Jadi Mensos, Ini Pertimbangan Jokowi
Sekjen Partai Golkar Idrus Marham. (Foto: Antara)

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo hari ini melakukan perombakan kabinet atau reshuffle di sejumlah kementerian. Dua posisi menteri yang diganti yakni Menteri Sosial dan Kepala Staf Kepresidenan. Presiden Jokowi menunjuk Sekjen  Partai Golkar Idrus Marham sebagai Menteri Sosial menggantikan Khofifah Indar Parawansa yang mengundurkan diri karena mengikuti pemilihan gubernur Jawa Timur. Sementara untuk Kepala Staf Presiden yang sebelumnya dijabat Teten Masduki, akan diisi oleh bekas Panglima TNI  Moeldoko.

Jokowi menilai Idrus Marham cocok sebagai Menteri Sosial karena menguasai lapangan. Kata dia, Idrus memiliki banyak pekerjaan rumah antara lain soal program keluarga harapan (PKH) dan bantuan pangan nontunai.


"Urusan di Kemensos ini banyak sekali. Seperti sekarang kaya PKH, PKH itu meloncat dari enam juta menjadi sepuluh juta. Jadi persiapan pendamping-pendamping ini pekerjaan besar. Bukan pekerjaan yg mudah. Kemudian pembagian beras yang sekarang sebagian dipindah ke bantuan pangan nontunai. Itukan lapangannya memerlukan penanganan yang tidak mudah. Jadi kalau seperti ini tidak segera diambil alih oleh yang betul-betul mengerti mengenai lapangan," kata Jokowi usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/1/2018).

Baca: Lantik Menteri Baru, PKB Pertanyakan Jokowi Tak Ganti Airlangga

Adapun terkait pemilihan Moeldoko sebagai Kepala Staf Kepresidenan Jokowi enggan menjelaskan. Ia hanya menekankan bahwa semua keputusan tersebut telah melalui pertimbangan yang matang.


"Ya banyak saya kira pertimbangan. Soal apa yang sudah kita putuskan itu sudah melalui pertimbangan yang panjang, kalkulasi perhitungan yang panjang."


Sementara Teten Masduki yang posisinya di KSP digantikan Moeldoko, Jokowi menempatkannya sebagai koordinator staf khusus presiden.


"Pak Teten sekarang ada di dekat saya tiap hari. Di koordinator staf khusus, setiap hari harus di dekat saya.


Jokowi melantik dua menteri baru di kabinet kerja sekitar pukul 9.30 WIB. Di waktu yang sama Jokowi juga melantik Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Yuyu Sutisna dan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Agum Gumelar.


Editor: Rony Sitanggang

 

  • resuffle
  • jokowi
  • presiden joko widodo
  • Idrus Marham
  • Khofifah Indar Parawansa

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!