NASIONAL

#FOMOSapiens100

""FOMO Sapiens episode ke-100 kali ini bakal ngobrolin TikToker Angel Priscilla dan vonis hukuman mati yang dijatuhkan untuk Ferdy Sambo""

AUTHOR / Aika Renata

#FOMOSapiens100
Ilustrasi highlight #FOMOSapiens100. (FOTO : KBR)

KBR, Jakarta – FOMO Sapiens episode ke-100 kali ini bakal ngobrolin TikToker Angel Priscilla. Konten Angel yang menyoal beasiswa LPDP dianggap kurang berempati terhadap mereka yang ada dalam garis kemiskinan. Kemiskinan yang bersifat struktural menyulitkan masyarakat untuk memperoleh hak-haknya, termasuk hak atas pendidikan.

Vonis hukuman mati yang dijatuhkan untuk Ferdy Sambo atas pembunuhan berencana Bridgadir J, dinilai tidak sejalan dengan prinsip Hak Asasi Manusia. Lebih lanjut dibahas bareng Iftitah Sari, Peneliti Institute for Criminal Justice Reform (ICJR).

1.Angel Priscilla dan Kemiskinan Struktural

Pernyataan Content Creator Angel Priscilla menuai perbincangan seputar kemiskinan struktural. Menurut artikel dalam Societal: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Sosiologi, kemiskinan struktural adalah bentuk kemiskinan akibat kurangnya akses ke sumber daya yang dapat mendukung untuk bebas dari kemiskinan. Ada tiga faktor yang memicu kemiskinan struktural. Pertama, adanya oknum yang memonopoli sumber daya sehingga tidak semua orang bisa menikmati sumber daya dalam porsi yang sama. Kedua, kualitas pendidikan yang kurang. Dan ketiga, perbedaan struktur sosial yang membuat jarak antara yang orang kaya dan orang miskin menjadi jauh.

Baca juga : Sudahkah Kamu “Ngonten” sesuai Etika?

2.Perkara Hukuman Mati

Pekan ini, publik diramaikan dengan vonis bagi Sambo Cs dalam kasus pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat. Ferdy Sambo divonis pidana mati, meski jaksa menuntutnya pidana penjara seumur hidup. Sementara Istrinya, Putri Chandrawati divonis 20 tahun, lebih berat dari tuntutan jaksa yaitu pidana delapan tahun penjara. Kuat Ma’ruf divonis 15 tahun penjara, lebih tinggi dari tuntutan jaksa yang hanya delapan tahun penjara. Terakhir, Richard Eliezer (Bharada E) divonis 1 tahun 6 bulan penjara. Pidana hukuman mati bagi Ferdy Sambo masih bisa berubah lantaran Pasal 100 KUHP Nasional yang mengatur adanya masa percobaan selama 10 tahun bagi terpidana hukuman mati. Jika ia terbukti berkelakuan baik maka hukumannya bisa diganti seumur hidup. Bagaimana selengkapnya?

Baca juga : Vonis untuk Para Pembunuh Brigadir Yosua

Dengarkan bahasan selengkapnya di FOMO Sapiens pekan ini bersama Ian Hugen dan Aika Renata. Ada juga obrolan soal Valentine’s Day atau Hari Kasih Sayang.

*Kami ingin mendengar saran dan komentar kamu terkait podcast yang baru saja kamu simak, melalui surel ke [email protected]

  • #fomosapiens
  • #podcast
  • #TikTok
  • #AngelPriscilla
  • #LPDP
  • #vonis
  • #FerdySambo
  • #BrigadirJ
  • #Sambo
  • #ValentineDay
  • #HariKasihSayang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!