Terjerat Kasus Suap, Pejabat Tinggi Tiongkok Ditangkap

Zhou Yongkang yang merupakan Kepala Keamanan Dalam Negeri itu juga dipecat dari kekuasaannya di Partai Komunis.

INTERNASIONAL

Sabtu, 06 Des 2014 21:38 WIB

Author

Nur Azizah

Terjerat Kasus Suap, Pejabat Tinggi Tiongkok Ditangkap

zhou yongkang, koruptor, tiongkok, portalkbr

KBR - Zhou Yongkang (71 tahun), satu dari 50 lebih pejabat tingkat atas Tiongkok ditangkap pihak berwenang atas tuduhan menerima suap dan membocorkan rahasia negara. Zhou Yongkang yang merupakan Kepala Keamanan Dalam Negeri itu juga dipecat dari kekuasaannya di Partai Komunis.

Zhou juga menjadi buruan pihak berwenang sejak Presiden Xi Jinping berkuasa dua tahun lalu dan mulai membasmi korupsi. Kantor Berita Xinhua melaporkan kelompok pemimpin partai menyatakan kasus Zhou sudah diserahkan kepada pihak berwenang untuk diadili. Zhou adalah pejabat tertinggi yang diadili sejak tahun 1981, ketika istri Mao Zedong dan anggota lain dituduh menghianati oposisi politik mereka.

Pihak berwenang telah menyelidiki Zhou sejak Juli, sebelum ia pensiun tahun 2012 lalu. Dalam penyelidikan itu pihak berwenang menemukan bukti penyalahgunaan wewenang oleh Zhou untuk berkolusi dengan keluarga dan temannya demi memperkaya diri sendiri dengan merugikan aset negara. (Xinhua)

Editor: Irvan Imamsyah

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - INTERNASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

News Beat

Kabar Baru Jam 8

What's Up Indonesia