INTERNASIONAL

Gedung Putih: Obama dan Direktur CIA Beda Pandangan

"Juru bicara Gedung Putih Josh Earnest mengatakan Presiden AS Barack Obama dan Direktur Badan Intelijen Pusat AS (CIA) John Brennan memiliki pandangan yang sama tentang apa yang disebut teknik-teknik interogasi yang ditingkatkan. Meskipun Brennan menolak m"

Gedung Putih: Obama dan Direktur CIA Beda Pandangan
cia, interogasi, kekerasan, protes

KBR- Juru bicara Gedung Putih Josh Earnest mengatakan Presiden AS Barack Obama dan Direktur Badan Intelijen Pusat AS (CIA) John Brennan memiliki pandangan yang sama tentang apa yang disebut teknik-teknik interogasi yang ditingkatkan. Meskipun Brennan menolak menyebut metode-metode itu “penyiksaan.”


Berbicara kepada wartawan hari Jumat, Earnest menggarisbawahi pernyataan pemimpin CIA hari Kamis bahwa Brennan sangat mendukung keputusan presiden untuk melarang taktik semacam itu ketika dia menjabat pada tahun 2009.


Earnest ditanya mengenai perbedaan pendapat antara Obama dan Brennan, hanya sehari setelah direktur CIA menanggapi laporan Senat yang isinya sangat mengecam metode interogasi badan itu. Brennan mengaku “sejumlah kecil” petugas CIA “kebablasan” dan melecehkan tahanan, tetapi dia menyatakan sikap “menyerahkan kepada orang lain untuk melabel aktivitas semacam itu.”


Brennan juga mengritik temuan laporan itu yang menyebutkan taktik interogasi yang ditingkatkan tidak efektif. Dia mengatakan informasi “berguna dan berharga” didapat setelah badan tersebut menggunakan taktik itu.

Editor: Dimas  Rizky

  • cia
  • interogasi
  • kekerasan
  • protes

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!