covid-19

Fidel Castro Dapat Nobel Perdamaian di Tiongkok

KBR - Bekas pemimpin Kuba, Fidel Castro mendapatkan nobel perdamaian. Namun nobel itu diberikan oleh Tiongkok.

INTERNASIONAL

Jumat, 12 Des 2014 06:39 WIB

Fidel Castro Dapat Nobel Perdamaian di Tiongkok

Fidel castro

KBR - Bekas pemimpin Kuba, Fidel Castro mendapatkan nobel perdamaian. Namun nobel itu diberikan oleh Tiongkok.

Tiongkok memuji 88 tahun semasa Fidel hidup berjuang untuk perdamaian. meski penghargaan ini sangat berbeda pandangan dengan nobel dari bangsa barat.

Fidel mengalahkan 20 nominasi. Di antaranya Presiden Korea Selatan Park Geun-Hye dan Sekjen PBB Ban Ki-Moon. Penghargaan itu diserahkan kepada perwakilan Fidel Castro di Beijing, Selasa (9/12) kemarin.

"Sebagai pemimpin Kuba, ketika mengelola hubungan internasional, khususnya hubungan dengan Amerika Serikat, dia tidak menggunakan kekuatan militer atau kekerasan untuk menyelesaikan kontroversi dan perselisihan," kata pendiri yayasan nobel Tiongkok, Liu Zhiqin.

Pemerintah Tiongkok tidak suka dengan pemberian penghargaan itu. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Hong Lei mengatakan penghargaan itu tidak sah. Tidak menggambarkan sikap negara. Sebab diberikan oleh orang sipil.

"Ini hanya mengungkapkan aspirasi mereka sendiri pada perdamaian dunia," kata Lei.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Mampukah Polisi Respons Cepat Kasus yang Libatkan Anggotanya?