Babak Baru, Amerika-Kuba Buka Kembali Hubungan Diplomatik

Amerika Serikat dan Kuba menyatakan akan memulihkan hubungannya. Upaya ini mengakhiri isolasi diplomatik selama lebih dari setengah abad lalu yang dimulai sejak Perang Dingin.

INTERNASIONAL

Kamis, 18 Des 2014 07:35 WIB

Author

Yoni Puspadi

Babak Baru, Amerika-Kuba Buka Kembali Hubungan Diplomatik

Amerika, Kuba

KBR - Amerika Serikat dan Kuba menyatakan akan memulihkan hubungannya. Upaya ini mengakhiri isolasi diplomatik selama lebih dari setengah abad lalu yang dimulai sejak Perang Dingin.

Presiden Amerika Barack Obama dan Presiden Kuba Raul Castro dalam pidato berbarengan dari Washington dan Havana hari Rabu (17/12) waktu setempat mengatakan, mereka telah bertukar tawanan yang sudah ditahan bertahun-tahun dan kini akan membuka jalan untuk meningkatkan hubungan ekonomi dan perjalanan antara kedua negara.

Sebelumnya, Alan Gross, Lembaga bantuan dari Amerika Serikat atau USAID  hari Rabu dibebaskan oleh Kuba setelah dipenjara selama 5 tahun karena mengimpor teknologi yang dilarang Kuba.

Obama mengatakan Gross dan seorang laki-laki yang dikatakan sebagai “salah seorang agen intelijen terpenting Amerika” ditukar dengan tiga petugas intelijen Kuba yang sudah sepuluh tahun lebih ditahan di penjara Amerika. Presiden Obama mengatakan isolasi yang dilancarkan Amerika selama 50 tahun atas negara pulau itu tidak berhasil dan sudah waktunya diadakan  sebuah pendekatan baru. (VOA)
 
Editor: Anto Sidharta
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - INTERNASIONAL

Most Popular / Trending

Ruang Hidup Transpuan Tergusur Pandemi

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Jokowi Tak Setuju Napi Koruptor Dibebaskan di Masa Pandemi Korona