Bagikan:

Uni Eropa Terima Hadiah Nobel Perdamaian 2012

KBR68H, Washington - Uni Eropa menerima hadiah Nobel Perdamaian tahun ini karena mengubah Eropa

INTERNASIONAL

Selasa, 11 Des 2012 08:38 WIB

Author

Tony Hotland

uni eropa, nobel

KBR68H, Washington - Uni Eropa menerima hadiah Nobel Perdamaian tahun ini karena mengubah Eropa “dari benua perang menjadi benua perdamaian” dalam enam dekade seusai Perang Dunia II.

Ketua Komite Nobel Norwegia Thorbjoern Jagland hari Senin menganugerahkan hadiah itu kepada Presiden Uni Eropa Herman van Rompuy, Presiden Komisi Eropa Jose Manuel Barroso dan Ketua Parlemen Eropa Martin Schulz di Oslo, ibukota Norwegia.

Komite memuji blok beranggotakan 27 negara itu karena berperan menstabilkan Eropa sepanjang 60 tahun ini, dimana negara-negara Eropa Barat dan Timur kembali bersatu setelah runtuhnya Uni Soviet dan redanya berbagai konflik nasional akibat perbedaan etnis.

Tetapi para pengecam mengatakan Uni Eropa tidak pantas mendapat hadiah itu karena benua tersebut mengalami perpecahan politik dan keresahan sosial, yang utamanya dipicu krisis ekonomi yang berkelanjutan disana. Berbagai kelompok HAM juga mengacu kepada isu-isu HAM di Eropa, termasuk diskriminasi terhadap etnis Roma dan ketakutan dengan Islam. (VOA)

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Jalan Berliku Warga Ibu Kota Dapatkan Udara Bersih