Share This

Lelang Kursi Roda Stephen Hawking Laku Rp5,7 Miliar

Rumah lelang Christie yang bertajuk On The Shoulder of Giant total melelang 22 barang-barang Hawking. Juga barang-barang milik Hawking, Isaac Newton, Charles Darwin, dan Albert Einstein.

BERITA , INTERNASIONAL

Jumat, 09 Nov 2018 14:11 WIB

Lelang Kursi Roda Stephen Hawking Laku Rp5,7 Miliar

Profesor Stephen Hawking berbicara selama Upacara Pembukaan Paralimpiade London 2012 di Stadion Olimpiade pada 29 Agustus 2012 di London, Inggris. (Foto: Dan Kitwood / Getty Images)

KBR - Kursi roda yang digunakan fisikawan Stephen Hawking dilelang, dan telah terjual dengan harga hampir 300 ribu poudsterling atau sekitar Rp 5,7 miliar. 

Hasil dari penjualan kursi akan diberikan ke dua badan amal yaitu Stephen Hawking Foundation dan Asosiasi Penyakit Neurone Motor. Rumah lelang Christie'sa yang bertajuk On The Shoulder of Giant total melelang 22 barang-barang Hawking.

Selain kursi roda, salinan tesis doktoral Hawking berjudul "Properties of Expanding Universes" juga dilelang dan menghasilkan 584,750 poundsterling alias Rp11,16 miliar.

Sebuah skrip dari salah satu penampilan Hawking di acara TV animasi terjual 6,250 poundsterling atau Rp119,3 juta. Sementara koleksi medali dan penghargaannya menghasilkan 296.750 poundsterling atau Rp5,6 miliar.

Barang Hawking lain yang dilelang adalah beberapa esai dan salinan dari bukunya yang berjudul Brief History of Time yang dicap jempol.

Hawking meninggal pada Maret lalu di usia 76 tahun. Sebelumnya pada usia 22, Hawking didiagnosis penyakit neuron motorik dan diperkirakan memiliki sisa beberapa tahun untuk hidup.

Semasa hidup, ia memperluas pemikiran ilmiah tentang lubang hitam dan asal-usul alam semesta. Ia juga menulis buku-buku terlaris dan menjadi bintang tamu di The Simpsons.

"Pengagum karyanya berkesempatan untuk mendapatkan kenang-kenangan kehidupan luar biasa ayah kami dalam bentuk pilihan kecil barang-barang yang menggugah dan menarik," ujar putri Hawking, Lucy seperti dikutip dari ABC News. 

Anak-anak Hawking berharap dapat melestarikan arsip ilmiahnya untuk bangsa. Juru lelang, Christie menangani negosiasi untuk menyerahkannya kepada otoritas Inggris sebagai pengganti pajak warisan.

Lelang online Christie menghasilkan lebih dari £1,8 juta atau Rp34.4 miliar pada Kamis (8/11/2018). Jumlah ini termasuk barang-barang milik Hawking, Isaac Newton, Charles Darwin, dan Albert Einstein. Misalnya, salah satu manuskrip Newton terjual seharga £100 ribu atau Rp1.9 miliar, sebuah surat yang ditulis oleh Darwin bernilai £50 ribu atau Rp954.3 juta, £32.500 atau Rp620.3 juta untuk salah satu manuskrip Einstein.




Editor: Nurika Manan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Recent Podcast

September ini merupakan gelombang ketiga penetapan anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka oleh KPK.

Dengan langkah terbaru dari polisi, Istana mengklaim: Negara serius menuntaskan kasus Munir.

Aturan yang ada sangat mudah digunakan kelompok tertentu untuk melakukan persekusi atau kekerasan.

KPU tak kalah ngotot, meminta KPU daerah menunda proses pencaloan 12 nama bakal caleg eks napi korupsi yang sudah diloloskan Bawaslu.

Pelemahan rupiah karena kebijakan bank sentral AS The Fed, juga perang dagang AS-China.