Eropa Waspadai Flu Burung H5N8

Komisi Eropa mengadopsi upaya-upaya perlindungan untuk membendung wabah flu burung setelah munculnya kasus baru yang dilaporkan di Inggris dan Belanda.

INTERNASIONAL

Selasa, 18 Nov 2014 06:45 WIB

Author

Anto Sidharta

Eropa Waspadai Flu Burung H5N8

Eropa, Flu Burung H5N8

KBR - Komisi Eropa mengadopsi upaya-upaya perlindungan untuk membendung wabah flu burung setelah munculnya kasus baru yang dilaporkan di Inggris dan Belanda.

Langkah-langkah itu termasuk membunuh hewan di daerah yang terinfeksi dan melarang penjualan produk unggas dari daerah tersebut.

Pemerintah Belanda menyatakan ancaman virus H5N8 di sebuah peternakan unggas di sana. Sementara, Pemerintah Inggris melaporkan adanya kasus sejenis di peternakan bebek di East Yorkshire. Soal ini, Komisi Eropa mengatakan ada kemungkinan kasus itu identik dengan H5N8.

Para pejabat Uni Eropa mengatakan wabah di kedua negara itu kemungkinan berhubungan dengan flu burung baru-baru ini ditemukan di Jerman. Menurut mereka, penyebaran virus bisa disebabkan oleh burung liar yang bermigrasi menuju selatan pada musim dingin. Namun, tes masih dilakukan untuk memastikan dugaan keterkaitan antara tiga kasus itu.

Komisi Eropa mengatakan, Inggris dan Belanda sudah menerapkan kebijakan pemusnahan unggas yang diduga terinfeksi virus dan melarang penjualan produk unggas atau burung hidup yang terinfeksi, serta membangun zona perlindungan.

"Upaya itu mencegah penyebaran flu burung yang sangat patogen di negara-negara yang terdampak, di negara-negara anggota (Uni Eropa) lainnya dan negara-negara lain," sebut laporan itu.

Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Arab Saudi Akan Gratiskan Vaksin Covid-19

Kabar Baru Jam 7

Polemik TNI 'cawe-cawe' Copoti Baliho Rizieq Shihab

Kabar Baru Jam 8

Wagub DKI Ingatkan Sanksi Bagi Penolak Tes Covid-19 di Petamburan