Bekas PM Thailand Akan Disidang Pemakzulan 9 Januari

Parlemen Thailand berencana mengadakan sidang impeachment atau pemakzulan terhadap bekas Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra. Meski Yingluck sudah digulingkan melalui kudeta militer, sidang tetap digelar oleh parlemen yang didukung junta militer.

INTERNASIONAL

Jumat, 28 Nov 2014 19:55 WIB

Author

Eric Permana

Bekas PM Thailand Akan Disidang Pemakzulan 9 Januari

thailand, unjuk rasa, Yingluck Shinawatra

KBR - Parlemen Thailand berencana mengadakan sidang impeachment atau pemakzulan terhadap bekas Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra. Meski Yingluck sudah digulingkan melalui kudeta militer, sidang tetap digelar oleh parlemen yang didukung junta militer. 


Sidang parlemen, Jumat (28/11),  memutuskan Yingluck bakal disidang terkait dugaan korupsi dana subsidi beras. Sidang pemakzulan akan digelar 9 Januari pukul 10 pagi. Proses pemakzulan diperkirakan memakan waktu 30 hari. 


Para pengamat menilai sidang pemakzulan ini adalah upaya junta militer untuk mencegah agar keluarga Yingluck tidak bisa lagi terlibat dalam kegiatan politik. 


Yingluck adalah adik sepupu dari bekas Perdana Menteri Thaksin Shinawatra. Thaksin digulingkan dari kekuasaan oleh militer pada 2006. Namun keluarga Thaksin kembali berkuasa melalui adik sepupunya pada tahun 2011. 


Tahun ini, Yingluck mengalami nasib yang sama dengan Thaksin. Keluarga Thaksin saat ini sangat dibenci oleh kelompok militer dan para loyalis kerajaan Thailand. (AFP)


Editor: Antonius Eko 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 17

Aplikasi LAPOR Dinilai Tidak Efektif Tanggapi Laporan Masyarakat

Kabar Baru Jam 15

Perlukah Sertifikasi Pernikahan?

Kabar Baru Jam 14