Bagikan:

APEC Rancang Jaringan Antikorupsi

Negara-negara Asia Pasifik yang tergabung di Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) telah sepakat untuk membangun jaringan informasi anti korupsi.

INTERNASIONAL

Minggu, 09 Nov 2014 12:46 WIB

Author

Bambang Hari

APEC Rancang Jaringan Antikorupsi

apec, asia-pasifik, kerjasama, anti korupsi

KBR- Negara-negara Asia Pasifik yang tergabung di Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) telah sepakat untuk membangun jaringan informasi anti korupsi.

Jaringan ini diusulkan oleh Tiongkok untuk memastikan tak ada tempat berlindung bagi koruptor di Asia Pasifik. Menurutnya, korupsi tak hanya merusak hubungan kerjsama ekonomi, tetapi juga mencuri warga dari negara-negara yang percaya bahwa sistem hukum berlaku untuk semuanya.

Jaringan ini telah dinamai sebagai ACT-NET (Anti Corruption Authorities and Law Enforcement Agencies). Jaringan ini akan berisi 21 negara yang bersedia mencegah terbentuknya safe haven melalui ekstradisi, bantuan hukum, perlindungan bagi whistleblower.

Tiongkok memang tengah menggelar kampanye besar anti korupsi di segala level mengingat ada 13 ribu pejabat mereka diputus bersalah karena terlibat korupsi.

Editor: Dimas Rizky

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Jalan Berliku Warga Ibu Kota Dapatkan Udara Bersih