Bagikan:

Kelaparan, Korban Topan Haiyan di Filipina Jarah Toko dan Mal

Korban selamat dari terpaan super topan Haiyan di Filipina saat ini sangat membutuhkan aneka bantuan. Topan Haiyan menerjang Filipina akhir pekan kemarin menyebabkan gelombang tinggi semacam Tsunami serta angin yang sangat kencang.

INTERNASIONAL

Senin, 11 Nov 2013 10:07 WIB

Author

Sutami

Kelaparan, Korban Topan Haiyan di Filipina Jarah Toko dan Mal

topan haiyan, filipina

KBR68H - Korban selamat dari terpaan super topan Haiyan di Filipina saat ini sangat membutuhkan aneka bantuan. Topan Haiyan menerjang Filipina akhir pekan kemarin menyebabkan gelombang tinggi semacam Tsunami serta angin yang sangat kencang. 


Terpaan Topan Haiyan diperkirakan menewaskan 10 ribu orang, menjadikan terjangan topan Haiyan bencana terburuk sepanjang sejarah negeri tersebut. Kota Tacloban menjadi yang terparah terdampak topan ini. 


Seorang warga Tacloban, Andrew Pomeda mengatakan kotanya saat ini hancur total. Sejumlah orang kehilangan akal sehatnya akibat kelaparan dan kehilangan sanak saudara mereka. Sejumlah korban selamat bahkan mulai merusak toko dan mall untuk mencari beras, makanan lain dan susu. 


Sementara itu Pesiden Beniqno Aquino menyatakan soal penjarahan menjadi salah satu perhatiannya. Menurutnya penjarahan terjadi akibat pengamanan yang sangat minim pasca bencana. 


Jumlah polisi di Kota Tacloban tinggal 20 orang. Untuk itu ia mengirim tambahan 300 polisi dan tentara untuk mengembalikan ketertiban dan penegakan hukum. Petugas penyelamat saat ini mengaku kesulitan melakukan tugasnya akibat hancurnya jalan. (AFP)


Editor: Antonius Eko


Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Jalan Berliku Warga Ibu Kota Dapatkan Udara Bersih