Bagikan:

Dihantam Topan, Pemerintah Filipina Nyatakan Darurat Nasional

Pemerintah Filipina mengumumkan keadaan bencana topan Haiyan sebagai kondisi darurat nasional. Dalam pidato di telivisi, Presiden Filipina Benigno Aquino mengatakan, pengumuman status ini sekaligus memungkinkan pemerintah melakukan kontrol atas harga bara

INTERNASIONAL

Selasa, 12 Nov 2013 07:25 WIB

Author

Ronny Rahmata

Dihantam Topan, Pemerintah Filipina Nyatakan Darurat Nasional

topan haiyan, filipina

KBR68H - Pemerintah Filipina mengumumkan keadaan bencana topan Haiyan sebagai kondisi darurat nasional. Dalam pidato di televisi, Presiden Filipina Benigno Aquino mengatakan, pengumuman status ini sekaligus memungkinkan pemerintah melakukan kontrol atas harga barang dan mengeluarkan dana darurat. 


Sebelumnya topan Haiyan telah memicu gelombang air laut setinggi lima meter yang melonjak hingga jauh ke pedalaman laiknya tsunami. Otoritas Filipina kewalahan dalam upaya untuk segera memberikan bantuan ke daerah bencana. 


Semua infrastruktur, dari jalan, bandara, hingga jembatan di lokasi bencana, hancur. Kondisi ini membuat banyak daerah terputus untuk mendapatkan bantuan. Kondisi ini juga menyebabkan banyak mayat tak terurus, sementara korban selamat harus mengais sisa-sisa makanan dan minuman dari puing. (AFP)


Editor: Antonius Eko 


Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Jalan Berliku Warga Ibu Kota Dapatkan Udara Bersih