Bagikan:

Bantuan Mulai Mengalir ke Filipina

Sejumlah negara dan lembaga kemanusiaan internasional mulai memobilisasi bantuan ke Filipina, pasca negara itu dilanda topan Haiyan. Badai berkekuatan besar tersebut terjadi akhir pekan lalu, dan menyebabkan kerusakan parah dan menimbulkan banyak korban j

INTERNASIONAL

Senin, 11 Nov 2013 13:31 WIB

Author

Agus Lukman

Bantuan Mulai Mengalir ke Filipina

topan haiyan, filipina

KBR68H - Sejumlah negara dan lembaga kemanusiaan internasional mulai memobilisasi bantuan ke Filipina, pasca negara itu dilanda topan Haiyan. Badai berkekuatan besar tersebut terjadi akhir pekan lalu, dan menyebabkan kerusakan parah dan menimbulkan banyak korban jiwa. 


Sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Australia dan badan PBB sudah mengirimkan tenaga untuk membantu penanganan bencana. Amerika membantu mengirim tenaga dan sarana evakuasi, seperti puluhan tentara dan sejumlah pesawat Hercules. Tenaga evakuasi dibutuhkan karena korban tewas di Filipina diperkirakan mencapai 10 ribu orang.


Sementara itu Australia menyiapkan anggaran sebesar 9,3 juta dolar Amerika atau sekitar Rp100 miliar rupiah untuk bantuan penanganan bencana. Australia juga mengirim tenaga medis dan tim evakuasi untuk bergabung bersama tim SAR Filipina. 


Sementara Sekjen Perserikatan Bangsa-bangsa PBB Ban Ki-moon menjanjikan lembaganya akan secepatnya membantu para korban. Sejauh ini pemerintah Filipina masih kesulitan mendata korban dan dampak kerusakan. (AFP)


Editor: Antonius Eko 


Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Jalan Berliku Warga Ibu Kota Dapatkan Udara Bersih