Ancam Koruptor, Paus Fransiskus Jadi Incaran Mafia

KBR68H- Upaya Paus Fransiskus melawan korupsi telah membuatnya menjadi target organisasi kejahatan terorganisir, Ndrangheta di Italia. Nicola Gratteri,seorang jaksa di wilayah Italia selatan Calabria, yang menjadi "markas" klan mafia Ndrangheta, mengataka

INTERNASIONAL

Kamis, 14 Nov 2013 14:44 WIB

Author

Suryawijayanti

Ancam Koruptor, Paus Fransiskus Jadi Incaran Mafia

koruptor, mafia, paus fransiskus

KBR68H- Upaya Paus Fransiskus melawan korupsi telah membuatnya menjadi target organisasi kejahatan terorganisir, Ndrangheta di Italia. Nicola Gratteri,seorang jaksa di wilayah Italia selatan Calabria, yang menjadi "markas" klan mafia Ndrangheta, mengatakan upaya Paus untuk mereformasi gereja  telah membuat Ndrangheta "gugup".  

Organisasi ini paling berbahaya di Italia yang selama ini susah ditembus.

"Saya tidak bisa mengatakan jika organisasi berada dalam posisi untuk melakukan sesuatu, tapi mereka berbahaya dan layak direnungkan," kata Gratteri.

"Mereka yang sampai sekarang memiliki keuntungan dari pengaruh dan kekayaan yang diambil dari gereja sangat gugup. Selama bertahun-tahun , mafia telah mencuci uang dan melakukan investasi dengan keterlibatan gereja. Tapi sekarang Paus melakukan banyak gebrakan di Vatikan dan itu berbahaya," tambah dia.

Gratteri mencatat di Italia selatan,  angka kejahatan terorganisir memiliki hubungan yang kuat dengan para pemimpin gereja setempat. Para mafia ini menjalankan ajaran Katolik, namun akrab dengan kekerasan.

"Seorang pria bersenjata dari ' Ndrangheta akan berdoa dan  mencium rosario sebelum menembak seseorang,"kata Gratteri.

Gratteri ditunjuk Perdana Menteri Italia Enrico Letta untuk mengepalai sebuah komite khusus yang bertujuan untuk membatasi pengaruh kejahatan terorganisir.

Sebelumnya, Paus Fransiskus berbicara menentang korupsi, mengutip Yesus dari Injil Lukas : "Akan lebih baik untuk ( orang korup ) jika sebuah batu kilangan diletakkan di lehernya dan ia dilemparkan ke dalam laut."(huffingtonpost)
'

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - INTERNASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 13

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Korea Utara Melarang Kedatangan Turis Mancanegara Demi Melindungi Penduduknya Dari Virus Corona