PM India Bakal Resmikan Patung Tertinggi di Dunia Akhir Oktober

Patung ini merupakan sosok Sardar Vallabhbhai Patel, seorang pemimpin politik dan sosial yang populer, yang merupakan bagian dari perjuangan kemerdekaan India dari pemerintahan kolonial Inggris.

BERITA , INTERNASIONAL

Jumat, 26 Okt 2018 17:47 WIB

Author

Pricilia Indah Pratiwi

PM India Bakal Resmikan Patung Tertinggi di Dunia Akhir Oktober

Foto: SAM PANTI IAKY / AFP / Getty Images

KBR - Patung tertinggi di dunia akan diresmikan oleh Perdana Menteri India Narendra Modi pada 31 Oktober 2018 mendatang. Patung yang berdiri di atas Sungai Narmada di negara bagian Gujarat di India Barat ini memiliki tinggi 182 meter dan dibentuk dari sekitar 1.850 metrik ton perunggu.

The Statue of Unity ini merupakan sosok Sardar Vallabhbhai Patel, seorang pemimpin politik dan sosial yang populer. Tokoh ini juga merupakan bagian dari perjuangan kemerdekaan India dari pemerintahan kolonial Inggris pada 1947.

"Di dunia, orang-orang berbicara tentang Patung Liberty Amerika. Kami ingin membuat patung Sardar Patel dengan ukuran dua kali lebih besar dari patung Liberty," kata Modi dilansir dari CNN. Patung Liberty, memiliki tinggi 93 meter termasuk tumpuannya.

Proyek ambisius tersebut pertama kali diumumkan oleh Modi pada 2010, ketika ia masih menjadi menteri utama untuk negara bagian Gujarat. Patung ini dibangun dengan dana yang dialokasikan pemerintah negara bagian Gujarat, juga didukung oleh pemerintah federal dan kontribusi individu.

Proyek ini mencakup museum, pusat penelitian, dan hiburan. Sebuah hotel bintang 3 telah dibangun di kompleks sekitar lokasi patung.

Diperkirakan proyek ini menghabiskan biaya lebih dari $ 410 juta alias Rp6,2 triliun. Komite mengawasi konstruksi meminta sumbangan publik untuk menyelesaikan patung tersebut. Modi meminta agar para petani di seluruh negeri untuk menyumbangkan besi.

Patung tersebut bukanlah satu-satunya yang menunggu untuk memecahkan rekor. Sebuah patung baru yang didedikasikan untuk prajurit Maharashtrian yang terkenal, Shivaji, sedang dibangun di lepas pantai Mumbai. Ditetapkan untuk mencapai ketinggian 212 meter, patung baru ini dapat melampaui proyek impian Modi.




Editor: Nurika MananĀ 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Eps.6: Kuliah di Perancis, Cerita dari Dhafi Iskandar

Insiatif Masyarakat untuk Wujudkan Hunian yang Layak

Inisiatif Masyarkat untuk Wujudkan Hunian yang Layak

Inisiatif Masyarakat untuk Wujudkan Hunian yang Layak

Inisiatif Masyarakat untuk Wujudkan Hunian yang Layak