BERITA

Google Slide Mempermudah Presentasi Penyandang Tunarungu

"Colokkan mikrofon ke komputer Anda, tekan tombol "CC" dan Google Slide akan secara otomatis menandai ucapan Anda saat Anda memulai presentasi."

Tyas Sukma Amalia

Google Slide Mempermudah Presentasi Penyandang Tunarungu
Ilustrasi: (MSN.com)

KBR - Jika ingin memberi judul presentasi untuk orang yang tuli, kita biasanya harus melakukannya sendiri. Google kini mempermudah kesukaran itu dengan meluncurkan fitur teks tertutup otomatis untuk Slide.

Caranya, colokkan mikrofon ke komputer Anda, lalu tekan tombol "CC" dan, Google Slide pun otomatis menandai ucapan Anda saat memulai presentasi. Saat teks tiba dalam waktu nyata, Anda juga tidak perlu khawatir untuk berhenti pada setiap slide dan memberikan kesempatan kepada pemirsa untuk membaca.

Proyek ini didorong oleh hackathon internal di mana insinyur aksesibilitas Laura D'Aquila dan Abigail Klein memperhatikan kesulitan bagi mereka yang mengalami gangguan pendengaran untuk mengikuti beberapa presentasi. Demikian dikutip dari laman engadget.

Teks otomatis akan tersedia di Google Slide pada pekan ini untuk pengguna di seluruh dunia dalam bahasa Inggris AS.

Meskipun belum jelas seberapa akurat sistem akan dipraktekkan (teks langsung YouTube tidak selalu tepat), pilihan ini seharusnya jadi alat penting untuk membuat presentasi lebih mudah diakses. Google menambahkan, terobosan ini juga diyakini bakal membantu orang-orang tanpa masalah pendengaran, karena bisa melakukan presentasi di aula yang bising tanpa harus berteriak.




Editor: Nurika Manan

  • Tuli
  • Google Slide

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!