Gempa 5,9 SR Guncang Haiti

Survei Geologi Amerika Serikat (AS) mengatakan, gempa berpusat sekitar 20 kilometer di barat laut Port de Paix, di lepas pantai Utara Haiti, dengan kedalaman 11 km di bawah permukaan.

BERITA , INTERNASIONAL

Minggu, 07 Okt 2018 17:21 WIB

Author

Pricilia Indah Pratiwi

Gempa 5,9 SR Guncang Haiti

Gempa berkekuatan 5,9 menghantam pulau Ring of Fire, Haiti pada Sabtu (6/10/2018) malam. (Foto: USGS)

KBR - Gempa berkekuatan 5,9 Skala Richter (SR) mengguncang Haiti, pada Sabtu (6/10/2018) malam waktu setempat.

Survei Geologi Amerika Serikat (AS) menyatakan gempa berpusat sekitar 20 kilometer di barat laut Port de Paix, di lepas pantai Utara Haiti, dengan kedalaman 11 km di bawah permukaan. Demikian yang dilaporkan USA Today.

"Ada kerusakan di bagian utara negara itu," tulis Presiden Jovenel Moïse melalui akun twitternya seperti dikutip CNN. Ia pun mengimbau warga untuk tetap tenang.

Badan perlindungan sipil negara menyebut, beberapa orang terluka dan sejumlah rumah hancur di wilayah Port-de-Paix, Gros Morne, Chansolme, dan Pulau Kura-kura. Di antara bangunan-bangunan yang rusak, salah satunya adalah gereja Saint-Michel di Plaisance.

Juru bicara pemerintah Eddy Jackson Alexis mengatakan kepada AFP, Minggu (7/10/2018), 11 orang dilaporkan meninggal dan gugus tugas tanggap bencana telah dibentuk.  Dilansir dari Express, tahanan juga dibebaskan dari sel tahanan polisi yang rusak.

Haiti rentan terhadap gempa bumi karena bersebelahan dengan garis patahan utama yang disebut "Ring of Fire". Ini adalah sabuk berbentuk tapal kuda yang mengelilingi Samudera Pasifik, di mana sejumlah besar gempa bumi dan letusan gunung berapi terjadi.

Sekitar 90 persen dari seluruh gempa bumi terjadi di sepanjang Ring of Fire tersebut. Selain itu, 75 persen dari semua gunung berapi aktif di bumi ada di Ring of Fire.

Sebelumnya, delapan tahun yang lalu, Haiti juga dilanda gempa berkekuatan 7,1 SR yang menewaskan sekitar 300 ribu orang.



Editor: Nurika Manan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Recent Podcast

September ini merupakan gelombang ketiga penetapan anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka oleh KPK.

Dengan langkah terbaru dari polisi, Istana mengklaim: Negara serius menuntaskan kasus Munir.

Aturan yang ada sangat mudah digunakan kelompok tertentu untuk melakukan persekusi atau kekerasan.

KPU tak kalah ngotot, meminta KPU daerah menunda proses pencaloan 12 nama bakal caleg eks napi korupsi yang sudah diloloskan Bawaslu.

Pelemahan rupiah karena kebijakan bank sentral AS The Fed, juga perang dagang AS-China.