Erdogan Resmikan Bandara yang Diklaim sebagai yang Tersibuk di Dunia

Bandara baru Turki ini diperkirakan akan mencapai kapasitas 90 juta penumpang pada 2021, ditingkatkan menjadi 150 juta penumpang pada 2023, dan target kapasitas 200 juta penumpang pada 2021

BERITA , INTERNASIONAL

Selasa, 30 Okt 2018 18:29 WIB

Author

Pricilia Indah Pratiwi

Erdogan Resmikan Bandara yang Diklaim sebagai yang Tersibuk di Dunia

Pemandangan bandara baru Istanbul dari udara. (AP)

KBR - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan secara resmi membuka bandara baru Turki di Istanbul pada Senin (29/10/2018). Menurut para pejabat, bandara ini diklaim bakal jadi salah satu bandara yang paling sibuk di dunia.

Bandara baru Turki ini diperkirakan akan mencapai kapasitas 90 juta penumpang pada 2021, ditingkatkan menjadi 150 juta penumpang pada 2023, dan target kapasitas 200 juta penumpang pada 2028.

BBC melaporkan, kapasitas bandara baru Turki ini akan menjadi hampir dua kali lipat kapasitas bandara tersibuk di dunia tahun lalu, Atlanta.

Bandara ini telah dipelopori di bawah pemerintahan Erdogan, yang membayangkan Istanbul menjadi pusat transit global antara Asia, Afrika dan Eropa. "Dengan beroperasinya Bandara Istanbul, ruang udara Eropa harus direstrukturisasi," kata Erdogan, dikutip dari Reuters.

Namun pembukaan bandara senilai $11,7 miliar ini bersifat simbolis karena hanya ada segelintir penerbangan yang mulai beroperasi pada pekan pertama.

Bekas Menteri Transportasi, Ahmet Arslan mengatakan seluruh penerbangan dari dan ke Bandara Ataturk Istanbul akan dialihkan ke bandara baru dalam waktu 48 jam dari upacara pembukaan.

Maskapai penerbangan utama, Turkish Airlines menyatakan hanya beberapa penerbangan yang menggunakan bandara baru untuk saat ini. Yaitu penerbangan ke Ankara, Izmir dan Antalya, serta penerbangan internasional ke Siprus utara dan Azerbaijan. Rute lainnya akan tetap di Bandara Ataturk Istanbul hingga akhir 2018.

Erdogan mengatakan, Bandara Ataturk akan ditutup untuk penerbangan komersial setelah operasi pemindahan bandara baru. Tetapi status Bandara Ataturk akan dipertahankan dan digunakan untuk pameran penerbangan. Ia juga menambahkan lahan yang tidak digunakan akan diubah menjadi taman.

Sebelumnya, bandara baru Turki menuai kritik terkait kondisi kerja dan standar keselamatan. Pada Februari lalu, Kementerian Tenaga Kerja negara itu menyatakan 27 pekerja meninggal sejak pembangunan bandara yang dimulai pada 2015 lalu. Selain itu, pada September lalu, polisi menahan ratusan pekerja yang melakukan aksi protes.

Editor: Nurika Manan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - INTERNASIONAL

Most Popular / Trending

Recent Podcast

September ini merupakan gelombang ketiga penetapan anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka oleh KPK.

Dengan langkah terbaru dari polisi, Istana mengklaim: Negara serius menuntaskan kasus Munir.

Aturan yang ada sangat mudah digunakan kelompok tertentu untuk melakukan persekusi atau kekerasan.

KPU tak kalah ngotot, meminta KPU daerah menunda proses pencaloan 12 nama bakal caleg eks napi korupsi yang sudah diloloskan Bawaslu.

Pelemahan rupiah karena kebijakan bank sentral AS The Fed, juga perang dagang AS-China.