8 Makanan yang Dapat Membantu Mencegah Kanker Payudara

Di Amerika Serikat, 1 dari 8 perempuan didiagnosis menderita kanker payudara.

BERITA , INTERNASIONAL

Selasa, 23 Okt 2018 13:32 WIB

Author

Tyas Sukma Amalia

8 Makanan yang Dapat Membantu Mencegah Kanker Payudara

Sayuran organik ditampilkan di Whole Foods Market di LaJolla, California dalam foto file 13 Mei 2008 ini. REUTERS / Mike Blake / File

KBR - Kanker payudara adalah penyakit yang sering dibicarakan. Di Amerika Serikat, 1 dari 8 perempuan didiagnosis menderita kanker payudara. Ini statistik yang menakutkan, tetapi ada beberapa hal yang dapat dilakukan perempuan untuk mengurangi risiko ini. Kristi Funk, ahli bedah payudara dan salah satu pendiri Pink Lotus Breast Center ingin memberi tahu makanan yang dapat mencegah kanker payudara.

Dalam buku Dr Funk Breasts: The Owner's Manual, ia bicara tentang cara-cara perempuan mengurangi risiko kanker, memberikan informasi pilihan pengobatan, dan mengoptimalkan hasil jika sudah terdiagnosa kanker payudara. Sebagian besar pengurangan risiko melibatkan pilihan makanan yang tepat.

Funk menjelaskan, makanan yang kita konsumsi dapat mengubah kadar estrogen, pembentukan pembuluh darah baru, peradangan, dan fungsi sistem kekebalan. Itu penting, karena faktor-faktor tersebut mempengaruhi sel-sel kanker di dalam tubuh kita. Makanan yang tepat dapat melindungi sel-sel sehat dari sel-sel jahat.

Makanan apa sih yang dianjurkan ke perempuan untuk ditambahkan ke menu makanan agar tetap sehat? Berikut beberapa pilihan utamanya:

Sayuran Hijau

Seperti kebanyakan dokter, Dr. Funk menyarankan perbanyak mengonsumsi sayuran. Sayuran hijau seperti kale, bayam, dan collard hijau, bok choy dan Swiss chard, selain itu sayuran silangan, seperti brokoli dan lobak. Dr. Funk menyarankan untuk mengonsumsinya dengan cara dikukus atau mentah.

Itu karena ketika kita mengunyah makanan ini, kita menghancurkan dinding sel dan menciptakan sulforaphane, yang dapat mencari dan menghancurkan sel-sel kanker.

Berries

Konsumsilah antioksidan setiap kali makan. Makanan yang mengandung banyak antioksidan seperti buah beri, bayam, kale, dan dark chocolate. Khususnya berries mendorong sel kanker "bunuh diri".

Saran sarapan yang sehat: gandum yang dicampur dengan blueberry, atau smoothie berry.

Susu kedelai

Sebuah mitos mengatakan kedelai buruk bagi kita, penelitian menunjukkan kedelai meningkatkan kadar estrogen pada hewan. Namun, beberapa studi dari 2009 dan yang mempelajari dampak pada manusia menunjukkan bahwa asupan kedelai benar-benar dapat melindungi terhadap kanker payudara (terlebih lagi ketika dikonsumsi oleh remaja).

Dr. Funk merekomendasikan mengonsumsi kedelai dua hingga tiga porsi per hari, yang bisa Anda peroleh dari susu, yogurt berbahan dasar kedelai dan produk kedelai lainnya seperti tempe, miso, dan tamari. Ketika kita memilih susu kedelai, pastikan bahwa itu mencantumkan kedelai utuh sebagai bahan utama dari protein kedelai atau isolat kedelai.

kacang polong

Serat memainkan peran besar dalam melindungi terhadap kanker, serat dapat mengikat estrogen dan racun di saluran pencernaan kita, meningkatkan sensitivitas insulin, dan melepaskan litani antioksidan vitamin dan senyawa antikanker.

Anda bisa meningkatkan asupan serat dengan mengonsumsi makanan seperti kacang hitam, kacang panjang, kacang panggang, kacang polong, lentil, dan alpukat.

Tomat

Beberapa penelitian menunjukkan penurunan kanker payudara pada perempuan dengan asupan tomat tinggi. Jika kita mungkin memakannya mentah-mentah, atau dengan memanaskannya selama 15 menit membantu lycopene, antioksidan anti-peradangan, menyerap dan bekerja lebih efisien dalam tubuh kita. Jika kita menambahkan tomat ke salad atau makanan lainnya, cobalah memanggang atau menumisnya untuk meningkatkan kekuatannya.

Apel

Apel benar-benar teman kita. Flavonoid dalam kulit apel membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker. Sebuah studi tahun 2005 menunjukkan bahwa orang yang makan apel sehari memiliki 24 persen lebih sedikit mengidap kanker payudara daripada mereka yang makan apel lebih sedikit. Karena kulit apel adalah bagian yang paling penting, sebaiknya makan buah utuh atau dicampur daripada dijus.

Teh hijau

Dr. Funk merekomendasikan teh hijau, kopi, dan air. Dr. Fung menyarankan mengonsumsi tiga cangkir teh sehari (yang memiliki kandungan kafein yang sama dengan satu cangkir kopi). Minum teh sebanyak itu sehari dapat mengurangi kanker payudara sebanyak 50 persen, menurut sebuah penelitian tahun 2001.

Beras Merah

Dr. Funk menyarankan untuk mengonsumsi 100 persen biji-bijian seperti roti gandum, pasta, nasi, gandum, quinoa, atau barley, dan menghindari roti putih. Mungkin kita pernah mendengar semua itu sebelumnya, ini makanan sehat lainnya untuk dikonsumsi. Beras merah, warna merah pada beras mengandung fitonutrien yang mengurangi invasi sel kanker payudara manusia dalam cawan petri. Beras merah memiliki manfaat yang serupa juga.




Editor: Nurika Manan
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - INTERNASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Pascapenggerebekan, Mahasiswa Papua di Surabaya Trauma