BERITA

Protes Asap, Supermarket Singapura Tarik Produk PT APP dari Pasar

"Tiga jaringan supermarket di Singapura menurunkan semua produk dari perusahaan Asia Pulp and Paper (APP) dari rak toko. Produk ini termasuk tisu Paseo. "

Protes Asap, Supermarket Singapura Tarik Produk PT APP dari Pasar
Ilustrasi. Kabut asap kiriman dari Indonesia sampai ke Singapura. (Foto: Skylan/Kao/Creative Commons)

KBR, Singapura - Tiga jaringan supermarket di Singapura menurunkan semua produk dari perusahaan Asia Pulp and Paper (APP) dari rak toko. Produk ini termasuk tisu Paseo.

Aksi ini dilakukan sebagai bentuk protes terhadap perusahaan yang diduga terlibat pembakaran hutan di Sumatera tersebut.


Sementara itu kelompok Dairy Farm yang mengoperasikan jaringan toko ritel Giant dan swalayan 7-Eleven tidak menstok ulang produk-produk APP.


Mereka hanya akan menjual barang yang sudah ada di toko sampai habis.


Aksi ini dimulai setelah salah satu jaringan mengumumkan kebijakan ini pada Rabu kemarin dan diikuti jaringan-jaringan lain.


Aksi tersebut dipicu penetapan Konsil Lingkungan Singapura (SEC) yang sementara mencabut label ramah lingkungan dari produk-produk APP.


Akhir bulan lalu, SEC juga mendorong 17 perusahaan untuk sepakat tidak menjual produk dari perusahaan yang diduga terlibat pembakaran hutan Sumatera.


Badan Lingkungan Nasional Singapura telah menyiapkan gugatan hukum terhadap APP dan 4 perusahaan Indonesia lain yang diduga terlibat pembakaran.


Kebakaran hutan di Sumatera dan Kalimantan telah memperburuk kualitas udara di Indonesia, Malaysia, Singapura dalam beberapa pekan terakhir, dan baru-baru ini masuk ke Filipina juga Thailand. (Straits Times/Reuters)


Editor: Agus Luqman

 

  • kabut asap
  • Asia Pulp and Paper
  • PT APP
  • kebakaran hutan dan lahan
  • Singapura

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!