INTERNASIONAL

Swedia Resmi Akui Palestian Sebagai Negara Berdaulat

"KBR - Pemerintah Swedia resmi mengakui Palestina sebagai negara berdaulat. Situs BBC, Kamis (30/10) melansir pengakuan Swedia terhadap Palestina ini menjadikannya sebagai negara besar pertama di Eropa yang mengakui Palestina."

Swedia Resmi Akui Palestian Sebagai Negara Berdaulat
palestina, swedia, israel

KBR - Pemerintah Swedia resmi mengakui Palestina sebagai negara berdaulat. Situs BBC, Kamis (30/10) melansir pengakuan Swedia terhadap Palestina ini menjadikannya sebagai negara besar pertama di Eropa yang mengakui Palestina.

Kepastian itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Swedia Margot Wallstrom. Sidang Umum PBB menyetujui pengakuan de facto negara Palestina pada 2012, tetapi Uni Eropa dan sebagian besar negara-negara anggota organisasi itu belum memberikan pengakuan. Pemerintah Swedia berharap langkah mereka akan segera diikuti oleh negara-negara lain.

Sementara itu, ketika Swedia mengumumkan rencana akan mengakui Palestina sebagai negara berdaulat awal bulan ini, Amerika Serikat mengatakan keputusan Swedia terlalu dini. Pengakuan tersebut menjadikan Swedia sebagai negara anggota lama Uni Eropa pertama yang mengakui Palestina.

Negara maju lain di Eropa yang telah memberikan pengakuan adalah Islandia tetapi negara itu tidak masuk menjadi anggota Uni Eropa. Sementara itu Presiden Palestina Mahmud Abbas menyambut baik keputusan Swedia yang resmi mengakui negaranya.

Editor: Pebriansyah Ariefana

  • palestina
  • swedia
  • israel

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!