Mesir Penjarakan Puluhan Aktivis

Pengadilan Mesir menjatuhkan vonis tiga tahun penjara terhadap 23 aktivis, termasuk beberapa aktivis HAM terkemuka, karena melangsungkan demonstrasi ilegal. Pengadilan itu juga memutuskan denda 10 ribu pounds atau sekitar 1.400 dolar pada masing-masing te

INTERNASIONAL

Senin, 27 Okt 2014 08:18 WIB

Author

Eva Mazrieva

Mesir Penjarakan Puluhan Aktivis

mesir, aktivis

Pengadilan Mesir menjatuhkan vonis tiga tahun penjara terhadap 23 aktivis, termasuk beberapa aktivis HAM terkemuka, karena melangsungkan demonstrasi ilegal. Pengadilan itu juga memutuskan denda 10 ribu pounds atau sekitar 1.400 dolar pada masing-masing terdakwa, termasuk 8 aktivis perempuan. 


Kasus ini berawal dari demonstrasi damai yang diduga diikuti para terdakwa musim panas lalu di dekat istana kepresidenan di pinggiran kota Heliopolis, Kairo. Demonstrasi itu digelar untuk memprotes undang-undang yang disahkan tahun lalu, yang sangat membatasi hak untuk mengadakan demonstrasi jalanan. 


Ke-23 terdakwa juga menghadapi beberapa tuntutan lain, seperti merusak barang-barang publik dan menyerang polisi.


Vonis itu merupakan tindakan terbaru pemerintah terhadap aktivis pro-demokrasi, yang banyak diantaranya adalah tokoh-tokoh terkemuka dalam pergolakan yang memaksa Hosni Mubarak mengundurkan diri pada Februari 2011.  Penumpasan itu juga telah menewaskan ratusan anggota kelompok Islamis dan memenjarakan ribuan lainnya. (VOA) 


Editor: Antonius Eko

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - INTERNASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Masyarakat Sipil Tolak Rencana Amandemen UUD 1945