Bagikan:

Nobel Sastra Milik Penulis Cerpen Kanada Alice Munro

KBR68H, Washington - Penulis cerpen asal Kanada Alice Munro telah dianugerahi Hadiah Nobel untuk Sastra. Ketika mengumumkan keputusannya hari Kamis, Akademi Swedia itu menyebut penulis usia 82 tahun itu seorang

INTERNASIONAL

Jumat, 11 Okt 2013 08:21 WIB

Nobel Sastra Milik Penulis Cerpen Kanada Alice Munro

alice munro, nobel, cerpenis kanada

KBR68H, Washington - Penulis cerpen asal Kanada Alice Munro telah dianugerahi Hadiah Nobel untuk Sastra. Ketika mengumumkan keputusannya hari Kamis, Akademi Swedia itu menyebut penulis usia 82 tahun itu seorang “master” cerpen kontemporer.

Munro mulai menulis ketika berusia belasan tahun, dan menerbitkan banyak koleksi cerita dalam beberapa dekade. Ia telah memenangkan banyak hadiah sastra, termasuk Penghargaan Gubernur Jenderal, yang merupakan penghargaan tertinggi di Kanada. Hadiah Nobel itu tampaknya akan menjadi puncak karirnya. Awal tahun ini ia mengatakan bahwa “ia barangkali tidak akan menulis lagi.”

Munro adalah perempuan ke-13 yang memenangkan hadiah Nobel Sastra. Katanya ia berharap hadiah itu “akan membuat orang melihat cerpen sebagai seni yang penting; tidak sekedar sesuatu yang dianggap tidak serius sebelum kita mengarang sebuah novel.”

Pengumuman hadiah Nobel itu akan dilanjutkan hari Jumat dengan Hadiah Nobel Perdamaian. (VOA)

Editor: Doddy Rosadi

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Jalan Berliku Warga Ibu Kota Dapatkan Udara Bersih