Pasangan Gay di Azerbaijan Diancam Dibunuh

Pasangan gay di Azerbaijan mendapat ancaman pembunuhan dan terpaksa bersembunyi tak lama setelah mereka bertunangan.

INTERNASIONAL

Jumat, 26 Sep 2014 15:46 WIB

Author

Antonius Eko

Pasangan Gay di Azerbaijan Diancam Dibunuh

gay, azerbaijan

Pasangan gay di Azerbaijan mendapat ancaman pembunuhan dan terpaksa bersembunyi tak lama setelah mereka bertunangan. 


Javid Nabiyev dan pasangannya saling mengikat janji dengan disaksikan beberapa teman dekat di sebuah lokasi di Sumqayit, wilayah laut Caspia, awal pekan ini. Pertunangan terjadi tepat setahun setelah mereka bertemu. 


Namun setelah beberapa media di Azerbaijan menyebarkan foto acara itu, Javid Nabiyev mulai mendapat surat bernada kebencian dari orang-orang yang menganggap pasangan itu layak dibunuh. 


Nabiyev, yang aktif memperjuangkan hak-hak kaum gay di Azerbaijan, mengaku harus pindah dari rumahnya karena kerap ditangani orang-orang yang membencinya. 


“Saya terpaksa pindah. Orang-orang sekitar mendengar kabar ini dan mereka sering berkumpul di dekat rumah dan menghina saya. Untungnya, saya sekarang aman di rumah teman,” kata Nabiyev. 


Homoseksual tak dilarang di Azerbaijan, namun Nabiyev menyebut kaum gay dan lesbian kerap mendapat perlakuan diskriminatif. 


Sementara pasangan Nabiyev, yang berusia 19 tahun, juga tak bisa hidup dengan tenang. Dia diancam akan dimasukkan ke militer oleh ayahnya. 


“Saya tak tahu apa yang terjadi pada pasangan saya. Dia sekarang bersama orangtuanya.Ayahnya ingin dia jadi tentara. Orangtuanya juga menyita semua dokumen yang dibutuhkan untuk membuat paspor jika suatu saat kami memutuskan untuk pergi ke luar negeri.”  (theguardian) 


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Mencari Solusi Krisis Pengelolaan Sampah di Indonesia

Kabar Baru Jam 8

Inspirasi Bisnis dari Aerostreet

Kian Merebak Covid Varian Delta